Balikpapan

Fly Over Rapak Dianggarkan Tahun Ini

Report: Taufik Hidayat I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi memastikan pembangunan fly over Muara Rapak akan dianggarkan dalam APBD Perubahan Kaltim, tahun ini. Ia bilang, hal itu telah disetujui Parlemen dan Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Dianggarkan di APBD Perubahan Kaltim, tapi pelaksanaannya akhir tahun. Kita tunggu saja,” ujar Rizal, Selasa 9 Februari 2021.

Menurut Rizal, pihak Parlemen Kaltim telah memastikan hal itu. “Sudah diputuskan, kita tunggu. Wakil Ketua DPRD Kaltim pak Sigit Wibowo sudah menyatakan,” jelas Rizal.

Pembangunan jalan layang Muara Rapak selaiknya telah direncanakan sejak 2010. Namun rencan ini sering tertunda lantaran finansial yang belum memadai. Di tahun 2014 bahkan sudah sempat dibuat detail engineering design DED, sayang hal itu juga mengalami penundaan.

Rencana pembangunan itu kembali mengemuka tahun lalu. Bahkan sempat pula akan dikerjakan di awal tahun melalui APBD Kaltm 2021. Namun terjadi tarik ulur, dan masalah kian runyam saat Indonesia dihantam pandemi. Akhirnya rencana itu dijanjikan kembali sebelum akhir tahun ini.

Pendanaan yang besar membuat rencana ini terlunta-lunta. Baru lah akhirnya disepakati penganggaran akan dimasukan dalam APBD Perubahan 2021. Jika terealisasi, nantinya jalan layang itu dibangun melintasi Jalan Soekarno – Hatta depan Plaza Ramayana sampai Jalan Ahmad Yani. Jalan ini dibangin sepanjang 550 meter dengan perkiraan biaya sebesar Rp 214,7 miliar.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button