Nasional

FK Uhamka Kerjasama dengan Kantor Staf Presiden

Tidak semua kampus Fakultas Kedokteran di Indonesia bisa memiliki kesempatan langka ini.

Report: Maya I Editor: Indah S

TIMUR MEDIA – Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka atau FK Uhamka, dipercaya untuk menjalin kerjasama dengan Kantor Staf Presiden (KSP).

Salah satu bentuk kerjasama ini berupa proses uji swab Covid-19 bagi pegawai KSP yang dilakukan oleh pihak FK Uhamka, yang melibatkan dosen dan civitas akademika. Adapun proses pemeriksaan dilakukan di RS Islam Jakarta Cempaka Putih.

Di rumah sakit ini, ada dosen FK Uhamka dr Arief Indra Sanjaya, SpPK yang juga Ketua Program Studi Profesi. Selain itu, FK Uhamka juga mempunyai sejumlah staf dosen yang memiliki keahlian di bidang biomolekuler dan keahlian lain terkait. Mereka, di antaranya, dr. Endin Nokik Stujanna, Ph.D lulusan Tsukuba University Jepang yang juga Kaprodi Sarjana di FK Uhamka.

Lalu, Dr. Dra. Erlin Listyaningsih, M.Kes yang pernah bertugas di project Naval Medical Research Unit (NAMRU), yang sebelumnya juga bertugas lama di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta. Kemudian dr. Rini Latifah, Sp.MK, yang masih bertugas di rumah sakit khusus paru, RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo, Cisarua, Bogor. Serta beberapa dosen muda yang juga punya kemampuan serupa lainnya.

Menurut Dekan FK Uhamka, Dr. dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG (K), MARS., MH.Kes, kepercayaan yang diberikan KSP kepada kampusnya menjadi satu kebanggaan tersendiri. Mengingat tidak semua kampus Fakultas Kedokteran di Indonesia bisa memiliki kesempatan langka ini.

“Setelah pegawai atau staf KSP melakukan uji swab di RS Islam itu, kemudian hasilnya dikirimkan ke FK Uhamka,” jelas Dr. Wawang. Ia sangat bersyukur FK Uhamka dipercaya karena memiliki SDM mumpuni dalam bidang biomolekuler.

Ia akan terus berusaha menjaga amanah yang telah diberikan KSP pada FK Uhamka. “Kami ucapkan terima kasih pada pemerintah dan seluruh pegawai serta jajaran petinggi Kantor Staf Presiden yang telah mempercayai FK Uhamka,” ujar Dr Wawang, Senin 1 Desember 2020.

Bagi pegawai atau staf KSP yang melakukan uji swab, cukup menuju RS Islam Jakarta. “Kebetulan ada juga dosen FK Uhamka yang bertugas di RS Islam. Teknisnya, diuji swab di rumah sakit, selanjutnya pihak FK Uhamka yang menindaklanjutinya,” ujar Dr Wawang.

Dengan kepercayaan dan kerjasama ini, ia berharap bisa mengasah skill dan pengalaman dosen FK Uhamka. “Sekaligus mengokohkan silaturahmi antara pemerintah dan FK Uhamka. Terima kasih atas kepercayaannya pada kami,” tuturnya.

FK Uhamka terima hibah PCR dari Kantor Staf Presiden. (Ist)

Apalagi, sambung Wawang, KSP juga telah memberi bantuan dan hibah pada FK Uhamka berupa alat Real – Time PCR Thermal Cyber Mini8 dengan spesifikasi peralatan Imunologi dan Mikrobiologi RNA Preanalytical Systems. Bantuan itu diberikan pada 27 Oktober lalu.

Saat itu, penyerahan bantuan disaksikan Kepala Bagian Umum Sekretariat KSP, Agung Setiawan SE, MSi dan diterima langsung Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka, Prof Dr Gunawan Suryoputro, MHum di kampus Fakultas Kedokteran Uhamka, Tangerang. Acara itu turut dihadiri Dekan FK Uhamka, Dr. Wawang beserta jajarannya dan sejumlah staf dari kantor KSP.

Rektor Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro mengucapkan terima kasih karena mendapat kepercayaan dari pemerintah yang diwakili KSP. “Insya Allah akan  digunakan demi kemaslahatan umat,” ujarnya, saat penyerahan bantuan dari KSP beberapa waktu lalu.

Peralatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Uhamka pada umumnya, dan FK Uhamka pada khususnya. “Serta ikut menunjang tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera dan sehat,” tutur Prof Gunawan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button