Internasional

Empat Negara Dukung Rusia

Report: Ryan I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Rusia terus melakukan operasi militer khusus terhadap Ukraina sejak 24 Februari. Banyak negara mengecam, namun ada empat negara yang mendukung Moskow.

Di antara negara-negara pendukung itu memang sekutu Moskow. Dilansir Yahoo News!, Kamis 10 Maret 2022, berikut empat negara di dunia yang mendukung Rusia menggempur Ukraina:

  1. Belarusia

Negara ini menjadi negara pertama yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Negara ini dikenal sebagai sekuta utama Moskow. Presiden Belarusia Alexander Lukashenko sebelumnya telah setuju dengan Putin atas kekhawatiran kedekatan Ukraina dengan negara-negara Barat dan NATO.

Atas dukungannya terhadap Moskow, Minsk tidak luput dari sanksi internasional dari sejumlah negara. Antara lain Korea Selatan yang memutuskan meninjau ulang kebijakan pengendalian ekspor Belarusia.

  1. Korea Utara

Korea Utara juga termasuk negara mendukung Rusia. Dalam keputusannya, negara ini memberi suara yang tidak mendukung draft resolusi PBB berisi kecaman terhadap invasi Moskow.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kerap mengumbar sentimen anti-Amerika dan menyalahkan negara Barat sebagai penyebab invasi Putin ke Ukraina. Pyongyang menganggap kebijakan hegemoni Amerika Serikat dan negara Barat sebagai penyebab akar masalah penyerangan Ukraina.

  1. Suriah

Sama seperti Korut dan Belarusia, Suriah juga mendukung Rusia. Sikap Damaskus ini sebagai bentuk balas budi atas dukungan Mosow selama perang sipil Suriah.

Tahun 2015, Rusia telah membantu Suriah dalam perang sipil melawan kelompok oposisi dan kelompok teroris yang ingin menggulingkan Presiden Bashar al-Assad. Rusia juga membangun dua pangkalan militer di Suriah dengan jumlah personel sekitar 63.000.

  1. Eritrea

Eritrea negara selanjutnya yang mendukung invasi Rusia. Eritrea adalah negara di timur laut Afrika yang dipimpin Isaias Afewerki.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button