AdvPenajam Paser Utara

DPRD Minta RS Pratama Segera Beroperasi

Reporter : Teguh | Editor : Faisal

Timur Media, Penajam – Diharapkan segera dioperasikan Rumah Sakit Pratama yang berada di Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang pembanguna fisiknya diatas lahan dengan luasan tiga hektare yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) lebih kurang Rp8,3 Miliar rampung pada akhir 2017 lalu.

Harapan tersebut merupakan aspirasi masyarakat Kecamatan Sepaku yang meminta kepada Pemerintah setempat agar segera mengoperasikan Rumah Sakit tipe D itu.

“Diharapkan rumah sakit Pratama ini segera di operasikan untuk melayani kesehatan warga Sepaku. Namun, yang menjadi kendala pengoperasian Rumah sakit ini dari informasi yang kami dapat bahwa alat kesehatannya belum memadai atau belum lengkap, jadi pengoperasiannya ditunda,” kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU Jon Kenedy.

Jon Kenedy juga mengatakan Rumah sakit Pratama tersebut sangat dibutuhkan warga Kecamatan Sepaku untuk memeriksa kesehatan dan mendapatkan pelayanan pengobatan.

“Kami berharap rumah sakit ini bisa di operasikan sembari melengkapi kekurangan yang ada, karena warga setempat sangat membutuhkannya. Legislatif selalu mendorong dan mendukung program layanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan pihaknya dari DPRD PPU telah melakukan pembahasan terkait kekurangan alat medis di Rumah sakit tipe D tersebut dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU. Menurut Dinkes kata Jon Kenedy, anggaran pengadaan kelengkapan sarana prasarana dan penunjang operasional rumah sakit pratama belum terakomodir.

“Jika Dinkes mengusulkan anggaran untuk pengadaan kelengkapan alat kesehatan atau alat medis yang kurang itu pada APBD, kita dari DPRD akan memprioritaskan usulan anggaran itu,”ucapnya.

Diketahui, Rumah sakit pratama dapat menampung 40 pasien rawat inap dan dapat melayani pemeriksaan umum, apotek, radiologi, gigi dan depo farmasi serta layanan operasi. 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button