AdvDPRD Balikpapan

DPRD Bahas APBD Perubahan 2021

Report: Taufik I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Parlemen Balikpapan menghelat Paripurna ke-27 Masa Sidang II Tahun 2021 via video conference. Rapat yang dipimpin Ketua Parlemen Abdulloh, pada Senin 19 Juli 2021, membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan tahun 2021 dan APBD murni tahun 2022.

Kali ini agenda diisi penyampaian Pendapat Akhir dari Fraksi- terhadap jawaban Wali Kota Balikpapan atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD dan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama DPRD Balikpapan dengan Wali Kota.

Menurut Abdulloh, tahapan yang harus dilalui salah satunya Wali Kota harus menyampaikan pertanggung jawabannya terhadap pelaksanaan APBD tahun 2020. Katanya, tidak akan ada pembahasan APBD jika belum melalui tahapan penyampaian pertanggung jawaban kepala daerah.

“Alhamdulillah tahapan-tahapan pertanggung jawaban APBD 2020 oleh Wali Kota sudah kita lalui semua,: jelasnya. Mulai nota penjelasan, pandangan fraksi, jawaban Wali Kota kemudian pendapat akhir fraksi.

Kata Abdulloh, usai melewati Paripurna Pertanggungjawaban yang diakhiri dengan penandatanganan bersama itu, hasilnya segera dikirim ke Gubernur Kaltim untuk dievaluasi.

“Setelah itu akan ditetapkan. Kemudian beranjak ke pembahasan APBD-P 2021 dan APBD murni 2022,” jelasnya.

Dalam pembahasan APBD ini bisa jadi bermasalah menyoal personil yang dihadirkan. Alasannya, rapat APBD berbeda dengan rapat lain. Dalam pembahasan APBD diperlukan interkasi dua pihak sehingga tidak dapat dilakukan melalui virtual.

Untuk itu, pihaknya masih mempertimbangkan agar rapat berikutnya bisa dihadiri unsur kepala, sekretaris dan setara Kepala Bidang. Selain itu, rapat tidak digelar di kantor DPRD, melainkan tempat lain seperti gedung Kesenian.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button