Nasional

DPR Bakal Evaluasi Dana Bansos Korona

Reporter: Robby I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA– Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pihaknya bersama pemerintah akan bersinergi mengawasi pemberian bantuan sosial tunai bagi warga terdampak Covid-19. Hal itu disampaikannya Selasa 23 Juni 2020.

Pengawasan dari DPR, lanjut Puan, difokuskan pada tepat tidaknya sasaran bantuan sosial tunai yang di berikan pemerintah selama 3 bulan terakhir.

“Bagaimana mekanismenya dan siapa saja yang menerima? Apakah penerima itu merasakan manfaatnya? Dipergunakan untuk apa?”ujarnya.

Ia mengingatkan agar bantuan pemerintah bisa diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu guna membantu mereka agar bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa pandemi. Sumber dana bantuan berasal dari anggaran yang dikhususkan untuk mengatasi pemulihan dalam proses pandemi Covid-19 sampai bulan Desember.

“Tiga bulan sudah berjalan, tiga bulan selanjutnya nanti kita evaluasi juga dengan program-program bantuan pemerintah,” kata Puan.

Salah satu yang disoroti Ketua DPR ihwal mekanisme dan penentuan waktu pemberian bantuan. Puan mencontohkan seharusnya ada penentuan tanggal pemberian bantuan di tiap-tiap wilayah. “Ini menjadi salah satu evaluasi yang nanti saya sampaikan ke pemerintah. Supaya untuk mengurangi penumpukan dan antrian,”paparnya.

Ia juga menyoroti perlunya sosialisasi yang lebih gencar. Alasannya, selama ini tanggal pembagian bantuan sosial tidak diketahui warga. Informasi itu diperolehnya saat ia berdialog dengan salah seorang penerima bantuan sosial di Desa Cikande, Tangerang.

“Terkait tanggal ini penting sekali agar mereka datang bisa tepat waktu. Tadi saya bertanya, tanggal berapa biasanya dapat bansos? Dia enggak ingat. Artinya tanggalnya tidak diputuskan,” katanya.

Puan menilai, seharusnya bansos perlu menentukan tanggal distribusinya yang disampaikan ke calon penerima. Sehingga masyarakat bisa tahu kapan harus datang ke tempat pembagian bansos tepat pada waktu. Penentuan tanggal juga dapat mengurangi penumpukan orang saat bansos dibagikan sehingga potensi penularan virus korona bisa ditekan.

Masalah lain yang menjadi sorotan adalah persoalan data penerima bantuan. Ia berharap segera ada perbaikan dan sinkronisasi data. “Banyak hal yang harus dilakukan secara cepat untuk tetap bisa menjaga kesehatan dan memulihkan ekonomi,” terangnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close