NEWS

Donasi Netizen untuk Laskar FPI Tembus Rp 1 Miliar

Report: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Penembakan enam laskar khusus Front Pembela Islam di Tol Jakarta-Cikampek KM 50, terus menjadi sorotan publik. Bahkan, ada netizen atau warganet yang berinisiatif mengumpulkan donasi bagi keluarga korban penembakan.

Donasi itu dikumpulkan Irvan Gani, netizen pemilik akun Twitter @ghanieierfan. Donasi dilakukan sebagai bentuk duka cita terhadap enam laskar FPI. Pemilik 45,2 ribu pengikut di Twitter itu akan menutup aksi penggalangan dananya pada hari ini, Kamis 10 Desember 2020. Tepatnya pada pukul 12.00 WIB.

Irvan, melakukan penggalangan dana melalui akun rekening pribadinya sejak hari Senin 7 Desember 2020 sore. Tak lama, usai Polisi memberi keterangan ihwal tewasnya enam Laskar FPI tersebut.

Meski penggalangan dana belum genap tiga hari atau sekitar 61 jam, yang terhitung sejak Senin sore sampai Kamis pagi (10/12), dana yang telah berhasil dikumpulkan berjumlah lebih dari Rp 1 miliar.

Saldo yang masuk lebih dari Rp 1 miliar. (@ghanieierfan)

Irvan, terus memberi laporan secara periodik. Termasuk memposting capture saldo yang masuk dan nama serta alamat sasaran donasi, yakni keluarga korban.

Aksi kemanusiaannya ini menarik perhatian pelbagai media. Aksi penggalangan dana yang digagas Irvan mendapat respon luar biasa dari netizen.

“Sulit untuk menahan air mata baca DM kek gini. Kalo yg pro FPI / HRS masih bisa dipahami donasi habis2an. Oang ini beda pendapat dengan FPI tapi habis2an donasi demi kemanusiaan. Amazing. Allahu akbar…!”

Irvan memang dikenal kerap melakukan aksi penggalangan dana. Aksi empati kemanusiaan semacam ini sudah berkali-kali dilakukannya. Dalam bionya, ia menulis sebagai Entrepreneur-Philanthropist.

Ia bukan anggota Front Pembela Islam maupun simpatisan FPI. Donasi ini karena terpanggil atas dasar rasa kemanusiaan atas penembakan enam Laskar FPI di Km 50.

Donasi dibuka tanggal 7 Desember 2020 dan ditutup hari ini. Tak sampai tiga hari sudah tembus Rp 1 miliar lebih. (SS/@ghanieierfan)

Irvan berencana menutup donasi hari ini. Di akunnya, ia menulis, “Netizen terima kasih. DONASI tembus 1M. Penggalangan Dana saya tutup jam 12.00, tanggal 10 desember 2020. Empati yg luar biasa. Barakallah fikum.”

Meski akan menutupnya, tapi masih ada netizen yang meminta agar batas waktu donasi diperpanjang.

“Jangan dulu ditutup, Mas. Saya transfer dari Saudi masih under process, minta doa untuk almarhumah Nuripah binti Kambali. Sumbangan ini untuk pahalanya untuk beliau,” tulis akun @JejenKhascheev.

Begitu pula dengan netizen pemilik akun @abu_cebong.

Ia menulis, “Bang,, kalau sampai hari Minggu insha Allah bisa sampai 5M nih bang.. sabar aja dulu bang..mgkin ada yg ingin berdonasi tapi nunggu gajian,,, sabarin dulu bang..”

Kemuliaan dan kekompakan netizen sungguh menggugah, memantik haru yang mendalam.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button