BalikpapanTimur Militer

Doa Pangdam VI/Mlw di Hari Juang

Report: Taufik Hidayat I Editor: Dwi

TIMUR MEDIA – Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Heri Wiranto, bersama seluruh jajaran Kodam VI/Mulawarman menghelat doa bersama di Masjid Sudirman Makodam Balikpapan, Selasa 15 Desember 2020. Doa bersama ini sebagai satu rangkaian acara menyambut Hari Juang TNI AD tahun ini.

Menurut Pangdam VI/Mlw, peringatan Hari Juang TNI AD menjadi sarana mengenang kembali sejarah perjuangan Tentara Nasional Angkatan Darat. “Sehingga diharapkan dapat memupuk semangat jiwa korsa prajurit-prajurit TNI AD,” ujarnya. Diharapkan pula, dapat meningkatkan pengabdian pada negara dan bangsa, memantapkan kemanunggalan TNI AD dengan rakyat guna mewujudkan tentara yang kuat.

Doa bersama ini juga dihelat di Balai Sudirman bagi yang beragama Nasrani. Adapun untuk agama Hindu, doa bersama digelar di Pura Giri Jayanata Balikpapan.

Mayjen TNI Heri Wiranto menjelaskan, peringatan Hari Juang TNI AD kali ini sejatinya memiliki makna sangat mendalam meski digelar secara sederhana.

“Doa bersama ini dilakukan di masing-masing tempat ibadah satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman. Hari Juang TNI AD bukanlah Peringatan HUT TNI AD, namun mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD bersama rakyat yang berhasil mengusir penjajah dalam pertempuran di Ambarawa,” jelasnya.

Adapun hari jadi TNI AD, lanjut Pangdam, “Sama dengan hari jadi TNI, TNI AL dan TNI AU, sebagai hari lahir TNI yaitu tanggal 5 Oktober 1945.”

Menurutnya, prajurit TNI AD bersama rakyat harus kompak dan kuat, karena Prajurit TNI AD bagian dari rakyat Indonesia. “Dimasa sulit ini kita harus bersinergi tanpa batas dengan seluruh komponen bangsa untuk bisa bekerjasama mengatasi permasalahan yang membutuhkan gotong royong dari semua pihak,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button