Mozaik

Doa Buka Puasa

Report: Maya I Editor: Zaki

TIMUR MEDIA – Ada dua hal yang paling menggembirakan bagi orang berpuasa. Pertama, saat berbuka puasa. Kedua, ketika mendapat ganjaran kebaikannya di Yaumil Akhir kelak.

Hal menggembirakan lain, saat kaum Muslim berbuka puasa, di saat itu dinilai sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Dengan kata lain, doanya mudah dikabulkan. Dengan izin Allah.

Doa orang yang berpuasa akan dikabulkan Allah dengan syarat bersungguh-sungguh mematuhi perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.

Rasulullah bersabda:

Terkait

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ تُحْمَلُ عَلَى الْغَمَامِ، وَتُفْتَحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاوَاتِ، وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكَ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang: imam pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang didzhalimi.

Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah SWT berfirman: “Demi izzah-Ku, Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.” (HR Ahmad, dari Abu Hurairah, shahih lighairihi).

Saat berbuka menjadi salah satu momen paling membahagiakan bagi orang berpuasa sebagaimana disebutkan dalam nubuah berikut:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Bagi orang yang berpuasa akan mendapat dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim)

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Rasulullah berbuka puasa dengan membaca doa yang sebagian lafadznya seperti ini:

Sesungguhnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbuka membaca doa: Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthartu (HR. Abu Dawud, diriwayatkan juga Imam Al Baihaqi, Ath Thabarany, Ibnu Abi Syaibah).  Doa buka puasa Ramadhan yang lain, yang juga sering diamalkan umat Muslim:

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa ‘alaa rizqika afthartu dzhaba dhomau wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insyaallah. “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah.”

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button