Nasional

Doa Agar Utang Mudah Lunas

2019

TimurMedia.com:

Doa khusyu’ apapun perlu dibarengi ikhtiar dan niatan karena Allah dan Rasul semata. (GI)

Editor: Kahar

TIMUR MEDIA – Adakah doa yang dipanjatkan agar mudah melunasi utang? Lantas bagaimana jika utangnya sepenuh gunung, apa saja amalannya?

Ternyata ada doa khusus agar seseorang bisa lebih mudah dalam melunasi utang.

Simak ulasan lengkapnya.

Dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib, ada seorang budak mukatab atau yang berjanji pada tuannya ingin memerdekakan diri dengan dengan syarat melunasi pembayaran tertentu.

Budak itu mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.”

Sayyidina Ali berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku, yaitu seandainya engkau memiliki utang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya.

Ucapkanlah doa:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu. (HR. Tirmidzi).

Doa lainnya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Rutin memanjatkan doa tersebut, perlu pula dibarengi ikhtiar keras. Terutama keinginan kuat untuk tidak menahan pembayaran utang saat uang mencukupi.

Semoga kita semua dibebaskan dari segala jenis utang. Aamiin.

🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Most Popular

To Top