Internasional

Divaksin Korona, 23 Warga Norwegia Meninggal

Report: Janu I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Norwegia memperingatkan efek samping vaksinasi korona. Bloomberg melaporkan, Pejabat Norwegia mengatakan setidaknya 23 orang telah meninggal dunia dalam waktu singkat setelah menerima dosis pertama vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

Dari total kematian, 13 telah diotopsi dengan hasil menunjukkan ada efek samping yang berkontribusi pada reaksi parah. Dari kematian itu, 13 di antaranya meninggal karena efek samping vaksin, Jumat 15 Januari 2021.

Badan Obat Norwegia melaporkan hasil otopsi terhadap 13 jenazah menunjukkan efek samping umum vaksin Covid-19 diduga berkontribusi pada reaksi parah terutama terhadap orang tua. Efek samping umum ini berupa demam dan mual.

Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia, seperti dikutip dari The Straits Times, mengatakan efek samping vaksin yang relatif ringan dapat menimbulkan konsekuensi yang serius.

Direktur Medis NMA, Steinar Madsen, dari 13 kematian ini, sembilan kasus efek samping serius dan tujuh kasus efek samping yang kurang serius telah dicatat.

Norwegia mulai menjalankan program vaksinasi pada bulan lalu, tepat setelah vaksin Pfizer-BioNTech disetujui European Medicines Agency atau EMA.

I Bloomberg/ Straits Times

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button