Balikpapan

Disorot Parlemen, Rizal Bela Perusda

Report: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi membela Perusda Manuntung Sukses, yang disorot Parlemen lantaran minimnya pemasukan.

Rizal beralasan seluruh Perusda di Indonesia saat ini kesulitan mengembangkan unit bisnisnya. “Karena terbatas kegiatannya, permodalannya juga terbatas,” dalih Rizal, Kamis.

Ia berdalih dulunya Perusda itu dibangun bukan untuk PAD, melainkan untuk merintis usaha-usaha yang belum dirintis swasta. Alasannya, Perusda justru jangan mengambil unit bisnis yang dikerjakan swasta.

“Jadi kalau sudah diberikan kesempatan kepada swasta sebaiknya Perusda tidak perlu masuk lagi. Nah ruang itu tidak banyak lagi untuk Perusda, karena semua usaha dirintis swasta. Jadi jangan sampai kita merusak kegiatan swasta,” elak Rizal.

Ia malah meminta masalah jebloknya kinerja Perusda tidak perlu diperdebatkan lagi. “Saya kira tidak usah lihat ke belakang, nanti kan di eranya Wali Kota baru, Perusda akan direvitalisasi. Jadi tidak ada gunanya lagi kita memperdebatkan ke belakang,” tutur Rizal, memberi alibinya.

Namun Rizal mengakui minimnya kontribusi Perusda bagi Balikpapan. “Saya lupa angkanya berapa pokoknya memang belum bisa memberi kontribusi yang baik terhadap PAD. Saya kira tidak perlu diperdebatkan lagi,” katanya.

Sebelumnya anggota Komisi II Parlemen Balikpapan, Syukri Wahid mengungkapkan Perusda Manuntung Sukses dalam dua tahun terakhir hanya memberi kontribusi sekitar Rp 17 miliar dan Rp 20 miliar.

Padahal anggaran daerah yang telah dikucurkan untuk membiayai Perusda itu mencapai Rp 40 miliar dari target Rp 50 miliar.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button