Ibu Kota Baru

‘Disneyland’ Mau Dibangun di Kaltim

Disneyland Shanghai. (shanghaidisneyresort)

Report: Nia | Editor: Lina 

TIMUR MEDIA – MENTERI Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa meyakini, pemindahan ibu kota baru ke Kaltim akan menjadi inspirasi masa depan.

Hal itu pernah dibebernya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, belum lama ini.

Menurutnya, membangun kota baru akan lebih mudah menerapkan konsep ramah lingkungan. Kemudian layanan pendidikan yang baik, hingga konsep pariwisata yang apik.

“Akan banyak hal baru dalam bentuk layanan kesehatan berstandar internasional. Layanan pendidikan terbaik di dunia, hingga pariwisata misalnya semacam Disney dan lainnya,” terang Suharso, seperti dilansir Detik.

Suharso mengingatkan, pembangunan ibu kota baru, bisa mencontoh negara yang berhasil. Kemudian mempelajari kesalahan dari negara yang gagal.

“Sudah banyak negara yang sukses dan gagal. Kita tidak ngaca di situ. Kita mau meniti sejarah sendiri dan ingin berhasil serta menjadi contoh dunia,” papar Suharso.

Menurut Suharso, ada harapan baru yang ditanamkan di ibu kota baru.

Menurut data Kementerian PUPR, rencananya sejumlah infrastruktur dasar akan dibangun di ibu kota baru.

Infrastruktur tersebut mencakup kebutuhan air dasar, jalan, jembatan, jalur kereta hingga jalur sepeda, dan pemukiman.

Di antaranya, untuk sektor jalan dan jembatan akan dibangun jalan tol lingkar. Panjangnya 57 km, untuk sekitar 4.000 hektare wilayah ibu kota baru.

Ada pula jalan non tol nasional 71 km di kawasan inti pusat pemerintahan. Lalu, 629 km jalan di kawasan ibu kota baru, dan 198 km jalan di perbatasan ibu kota.

|Source: detik

🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close