AdvPenajam Paser Utara

Disdikpora PPU dan Guru Lakukan Terobosan

Report: Teguh I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara bersama para guru terus melakukan pelbagai terobosan metode pembelajaran di masa pandemi. Salah satunya, dengan memanfaatkan sarana kecanggihan teknologi daring.

Kepala Disdikpora PPU, Alimuddin, mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi agar pembelajaran di masa pandemi tetap bisa berjalan efektif.

Menurutnya, tenaga pendidik ikut melakukan pelbagai inovatif dan bersinergi dengan pemerintah PPU. Ia mengapresiasi kritik konstruktif dari pihak Parlemen.

“Untuk itu kami terus berusaha melakukan inovasi. Misalnya menerapkan pembelajaran in house training dengan jarak jauh dan memanfaatkan teknologi lain yang fokus pada peningkatan kualitas pendidikan,” jelasnya, Kamis 12 November 2020.

Bahkan, sambung Alimuddin, pihaknya telah meninggalkan pola pembelajaran Whatsapp Group. “Kami sekarang beralih ke metode Google meet, class room,” paparnya.

Termasuk, menerapkan metode learning management system. “Kami sudah masuk ke sana,” ujarnya. Ia mengakui meski terus melakukan terobosan, tapi tetap menemui sejumlah kendala. Terutama masalah perangkat teknologi yang tidak semua siswa memilikinya.

Menurutnya masih ada warga di PPU yang orangtuanya belum memiliki handphone android. “Kalau kuota internet tidak ada masalah karena pemerintah telah memberi bantuan. Persoalan ada pada android,” ujarnya.

Kendati begitu, pihaknya tak patah arang. Di tengah keterbatasan anggaran untuk memberi bantuan gadget, pihaknya mensiasati dengan cara lain. “Para guru tidak kehabisan akal, mereka secara suka rela mengantarkan materi pembelajaran kepada siswanya,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button