Politik

Diam-diam Budiono Diperhitungkan

Report: Hendra| Editor: Adi S

TIMUR MEDIA – Rencana PDIP untuk mengumumkan rekomendasi 44 nama bakal calon kepala daerah, ditunda.

Sejatinya nama-nama itu akan dikeluarkan saat hari pertama Rakernas 10 Januari 2020. Namun, rencana tersebut ditunda. Termasuk untuk nama di Pilkada Balikpapan.

“Belum. Belum keluar. Mungkin usai Rakernas,” ujar Sekretaris DPC PDIP Balikpapan, Budiono, Minggu 12/ Jan/ 2020.

Rekomendasi PDIP bukan saja dinantikan kader internalnya. Namun, menjadi penantian publik. Begitu juga di Balikpapan.

Sebagai partai penguasa, nama bakal calon kepala daerah yang akan diusung dari PDIP sangat berpengaruh dalam konstelasi Pilkada 2020. Tak terkecuali di Balikpapan.

Di kota ini, sejumlah nama sudah mencuat ke permukaan. Di antaranya, tiga nama terkuat. Yakni Ketua DPC PDIP Balikpapan Thohari, anggota Legislatif Kaltim Eddy Tarmo, dan Sekretaris DPC Balikpapan Budiono.

Nama yang terakhir ini memang telah dikenal publik. Wabil khusus di internal PDIP Balikpapan. Begitu pula di kalangan politisi kota ini. Dua kali menjadi aleg bukan hal mudah.

Apalagi di DPRD Balikpapan, ia didapuk sebagai Ketua Badan Kehormatan. Sebuah jabatan bergengsi yang tak semua politisi bisa mencapainya.

Tapi, Budiono sendiri menampik jika namanya akan diusung di Pilkada. Ia dengan merendah, enggan namanya dikaitkan sebagai salah satu sosok yang direkomendasikan DPP Jakarta.

“Ah, mimpi saja tidak pernah,” ujar Budiono. Namun, fakta ia memiliki loyalis tak bisa dibantah. Segudang kinerja kerasnya di legislatif juga tak bisa dinafikan.

Tapi sepertinya Budiono hanya bekerja dan mengabdi. Meski namanya di kalangan grassroot dan politisi diperhitungkan, ia selalu menampiknya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi pengarahan tertutup kepada seluruh kadernya di Rakernas I. Adapun arahan itu menyangkut Pilkada 2020.

Wasekjen PDIP Arief Wibowo memaparkan ada beberapa hal yang disampaikan Megawati dalam pengarahan tersebut.

Arahan utama terkait Pilkada 2020. Para kader ditargetkan untuk meraih kemenangan 60 persen dari 270 daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah tahun ini.

“Kita harus memenangkan Pilkada serentak 2020. Keputusan Kongres target kita 60 persen,” jelas Arief, Sabtu 11/ Jan/2020.

Arif juga mengungkap dari 270 wilayah yang menggelar Pilkada 2020, PDIP akan mengusung kadernya di 85 daerah. Yakni di tiga provinsi dan 82 kabupaten kota.

Namun ia tidak merinci daerah mana saja. Dan bisa jadi, nama Budiono menjadi salah satunya. Untuk diusung di Pilkada Balikpapan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button