AdvDPRD Balikpapan

Dewan Matangkan Raperda Kearsipan

Report: Taufik I Editor: Agung

TIMUR MEDIA – Para pimpinan dan anggota legislator Balikpapan mulai mematangkan rancangan peraturan daerah Kearsipan. Raperda ini mulai dibahas dalam Paripurna yang dihelat Senin 5 April 2021.

Hal itu diamini Wakil DPRD Kota Balikpapan, Budiono. Ia mengatakan pada paripurna ke-15 ini, secara khusus mengagendakan pembahasan Raperda Kearsipan.

“Kemudian dilanjut dengan penandatangan tingkat satu,” terangnya.

Setelah itu, sambung Budiono, rapat paripurna diisi dengan pembahasan soal pandangan umum fraksi-fraksi terkait raperda kearsipan. Kemudian dilanjut dengan mendengarkan jawaban Wali Kota dan dilakukan penandatangan berita acara.

“Baru kemudian disampaikan ke Gubernur,” jelas Budiono. Proses ini terkait dengan aturan yang baru. Jadi, katanya, uasi pandangan umum fraksi, mendengar jawaban Wali Kota dan ditandatangani berita acara tingkat satu dan diutarakan ke Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Berikutnya digelar rapat paripurna mendengar pendapat akhir fraksi sebelum akhirnya disahkan menjadi peraturan daerah. “Perda kearsipan sangat penting untuk menlindungi dokumen-dokumen Pemerintah Balikpapan,” paparnya.

Menurut Budiono, Wali Kota juga berharp dalam rencana kerja DPRD turut menyampaikan hasil kerja menjadi paperless. Ke depan akan disiapkan SDM dan sarana prasarana  serta jaringan interkoneksi antara organisasi perangkat daerah di Balikpapan.

“Harapannya semua itu bisa disiapkan sebelum disahkan,” katanya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button