AdvPenajam Paser Utara

Dana Bantuan untuk BPUM PPU Cair

Pencairan selanjutnya diperkirakan Desember 2020.

Report: Teguh I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Kepala Disperidagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Sukadi Kuncoro, memberi kabar gembira. Dana bantuan untuk pelaku usaha mikro atau BPUM di PPU telah cair. Bantuan untuk modal usaha ini sumbernya dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Meski baru tahap pertama, sebanyak 12.039 UMKM di Benuo Taka dipastikan menerima bantuan tersebut,” jelas Sukadi, Selasa 3 November 2020. Data calon penerima telah diverifikasi oleh Kementerian. Besarannya Rp 2,4 juta per orang.

“Iya, sudah dirilis. Sudah keluar hasil verifikasi dari kementerian,” tuturnya.

Menurutnya sebagian besar data yang telah terverifikasi usulan dari dinas. “Ada 10.573 UMKM. Selebihnya usulan dari Bank Rakyat Indonesia dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Kaltim,” ujarnya.

Ia menerangkan usulan dari BPKP sesuai dari UMKM yang sempat menerima bantuan Rp 750 ribu dari provinsi bisa diusulkan kembali. Untuk usulan dari bank, terangnya, yakni nasabah pelaku usaha kecil yang dalam rekening terdapat tabungan terbatas.

“Tabungannya tidak lebih dari Rp 2 juta. Harapan kami, untuk yang belum dapat untuk bersabar. Semoga bisa ikut mendaftar di tahap selanjutnya,” pesan Sukadi. Pihaknya telah menyampaikan ke desa dan kelurahan agar menghimpun data yang belum tercover. Nantinya, usulan untuk tahap selanjutnya sampai hingga 9 November 2020.

“Diperkirakan totalnya dengan yang sudah  cair ini bisa mencapai lebih dari 13 ribu UMKM,” tutur Sukadi. Namun, ia belum bisa memastikan kapan waktu pencairannya,

Ia hanya bisa memperikirakan sekitar Desember 2020. “Yang jelas tahun ini. Kami sedang mendata agar bisa segera diproses kementerian,” sebutnya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button