Internasional

Cina Tutup Paksa Konsulat AS

Red : Ahmad Mulyadi

CHENGDU, TIMURMEDIA.COM — Cina menutup paksa konsulat milik Amerika Serikat (AS) di kota barat daya Chengdu pada Senin kemarin sebagai respon Cina atas tindakan AS yang telah menutup Konsulat Cina di Houston, Texas, AS. Demikian menurut laporan Kantor Berita Inggris, Reuters (28/07/2020).

Dalam sebuah pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Cina, disebutkan bahwa pihak berwenang Cina telah menutup konsulat AS tersebut pada pukul sepuluh pagi waktu setempat. Sebelumnya, pada Jumat pekan lalu, Beijing telah mengeluarkan perintah kepada seluruh pegawai di Konsulat AS tersebut agar mengosongkan gedung itu dalam waktu 72 jam, jumlah jam yang sama yang telah diberikan AS kepada Cina untuk menutup konsulat Cina di Houston.

Menurut laporan BBC, aksi saling tutup kantor konsulat tersebut merupakan buntut dari ketegangan yang terus meningkat di antara dua kekuatan utama ekonomi dunia tersebut.

Sebelum AS menutup Konsulat Cina di Houston, pihak AS sering menyebut Cina telah merugikan AS dalam banyak hal, di antaranya mencampuri urusan politik dalam negeri AS, kegiatan spionase ilegal di AS, mengancam keluarga-keluarga Cina-Amerika yang menetap di AS, dan yang paling populer tentu masalah COVID-19 yang oleh Donald Trump disebut sebagai Chinese virus.

Selain itu, Cina juga dianggap berbahaya karena telah merusak sistem internasional baik itu di ranah politik maupun ekonomi. Di ranah politik, tindakan Cina yang dimaksud di antaranya adalah polemik Laut Cina Selatan dan kontroversi undang-undang baru buatan Cina di Hongkong yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi.

Lalu di ranah ekonomi, misalnya adalah perang dagang yang dilakukan Cina yang dianggap AS tidak fair karena Cina telah mencuri banyak kekayaan intelektual AS dan Eropa yang berakibat pada memburuknya keadaan ekonomi dan berkurangnya lapangan pekerjaan di AS.

Sementara itu, Cina melalui kantor kementerian luar negerinya menuduh AS telah melakukan tindakan provokasi politik dengan menutup konsulat negaranya di Houston. Selain itu, Cina pun menuduh AS telah merusak sistem perpolitikan Cina.

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button