PolitikKaltim

Bulan Ini, Lima Kepala Daerah Dilantik

Kutim, Kutai dan Balikpapan masih menghadapi gugatan di MK.

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Pemerintah Provinsi Kaltim telah menjadwalkan pelaksanaan pelantikan lima kepala daerah terpilih pada pelaksanaan Pilkada 2020. Pelantikan akan digelar pada Rabu, 17 Februari 2021. Jadwal ini berdasarkan masa bakti kepala daerah hasil Pilkada 2015.

Lima kepala daerah yang akan dilantik, Samarinda, Bontang, Kabupaten Paser, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu. Saat ini Pemprov Kaltim telah bersiap menggelar acara pelantikan kepala daerah terpilih.

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, HM Syafranuddin menjelaskan, saat ini Pemerintah Kaltim telah memproses usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah yang telah disampaikan.

“Dalam waktu dekat Kutim dan Kukar akan menggelar Rapat Paripurna DPRD untuk pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah,” ujarnya.

Ia memastikan proses persetujuan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah yang telah diajukan lima kabupaten/kota ditambah Kabupaten Berau akan rampung pekan ini. Selanjutnya, pengajuan akan disampaikan kepada Kemendagri.

“Insya Allah pekan ini ke Kemendagri,” jelasnya, Selasa 2 Februari 2021. Terkait lokasi pelantikan, pihaknya belum memutuskan. Saat ini Biro Humas telah mempersiapkan tim untuk mensukseskan pelantikan ini. Untuk tempanya, kemudian hari akan diinformasikan.

Terkait usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah mengacu pasal 78 ayat 2 huruf a Undang-undang Nomor 23/2014. Klausul itu menegaskan kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat diberhentikan karena berakhir masa jabatannya. Penyampaian itu berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD masing-masing.

Untuk dua Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan hingga kini masih menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi. Sedangkan Penajam Paser Utara, akhir masa baktinya masih tahun 2024, mengingat Pilkada PPU dihelat lebih awal pada tahun 2018.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button