AdvDPRD Balikpapan

Budiono: Raperda Kearsipan Selamatkan Dokumen Penting

Report: Taufik I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Parlemen Balikpapan menghelat Paripurna terkait jawaban walikota Balikpapan terhadap pandangan fraksi DPRD.

Paripurna kali ini dilakukan virtual pada Senin 5 April 2021, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono dan dihadiri sejumlah anggota Parlemen Balikpapan lainnya.

Budiono menjelaskan usai jawaban Walikota, maka Rancangan Peraturan Daerah ini harus ditandatangani sesuai peraturan yang ada. Selanjutnya, usai ditandatangani akan dimintai pendapat akhir dari fraksi-fraksi di DPRD, baru kemudian draf Raperda kearsipan disahkan.

Budiono mengingatkan untuk menunjang Rencana Kerja DPRD tentang kearsipan, ke depan harus memiliki kesiapan SDM dan Prasarana yang menunjang.

“Terlebih, Raperda Kearsipan ini sangat penting untuk menyelamatkan dokumen-dokumen kersiapan milik kota Balikpapan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi turut menyampaikan jika arsip menjadi bagian dari identitas bangsa yang berguna sebagai sarana penyelamatan wilayah negara.

Sekaligus mampu berperan sebagai sarana pemersatu bangsa. Karena itu perlu diselamatkan sebagai bukti penyelenggaraan kegiatan kenegaraan, pemerintahan dan kehidupan kebangsaan yang terekam dalam arsip.

Rizal bilang, arsip adalah sumber informasi yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. “Sehingga Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan kearsipan menjadi bagian penting sebagai satu solusi terhadap permasalahan kearsipan. Nantinya, peraturan ini bisa memberi kepastian hukum dalam penyelenggaraan kearsipan,” tutur Rizal.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button