Kaltim

Bontang Akan Ujicoba Donor Plasma

Rencananya baru dimulai tahun depan.

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Unit Transfusi Darah PMI Kota Bontang, Kaltim, berencana melakukan ujicoba donor plasma darah ke pasien Covid-19. Rencana itu akan dilakukan mulai Januari 2021.

Menurut Humas PMI Bontang,  Ashar, uji klinis terapi penggunaan plasma darah penyintas Covid-19 diagendakan pada awal tahun, sekaligus menunggu petunjuk teknis dari otoritas. Saat ini pihak UTD PMI Kota Bontang masih mempersiapkan dan menanti arahan Dinas Kesehatan setempat.

“Rencananya awal Januari, sekarang kami masih mempersiapkan tahap  protokol dan menunggu arahan dari Dinkes,” jelas, Jumat 25 Desember 2020. Ujicoba donor plasma ini bagian dari uji klinis yang dititik beratkan untuk pasien Covid yang telah sembuh.

Teknisnya, dengan mengambil plasma konvalesen yang mengandung antibodi Covid-19. Selanjutnya, didonorkan ke pasien Covid-19 agar dapat membantu pasien melawan virus terkait.

“Pasien yang sembuh dari Covid nanti diambil plasma darahnya dan didonorkan kepada orang-orang yang positif,” jelasnya.

Menurut Ashar, syarat yang harus dipenuhi bagi pendonor yakni pasien Covid yang telah sembuh selama dua minggu dan telah dua kali melakukan tes swab PCR dengan hasil negatif. Selain itu, nilai trombosit di atas 160 dan tekanan darah 110/70, serta yang utama dalam kondisi sehat.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button