Kaltim

Blak-blakan Isran soal IKN

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor secara blak-blakan membeberkan keterlibatan adik Prabowo Subianto dalam pembangunan Ibu Kota Negara Baru atau IKN. Sosok adik Prabowo yang terlibat dalam pembangunan OKN itu, Hashim Djojohadikusumo.

Menurut Isran, PT Arsari Tirta Pradana selaku perusahaan milik adik Prabowo Subianto, akan menjadi salah satu perusahaan yang bakal memenuhi kebutuhan air bersih, di Penajam Paser Utara.  Lokasi yang telah ditetapkan tempat dibangunnya IKN.

Kata Isran, Hashim berperan penting dalam memasok air minum di  IKN dengan membangun bendungan di dalam area konsesi HGU milik PT IKCI Kartika Utama yang juga dimilikinya. Hal itu ia ungkapkan saat berbincang dengan Najwa Shihab.

“Iya, dia akan membangun sebuah waduk besar, bendungan besar untuk suplai,” ujar Isran, dikutip dari kanal Youtube Najwa Shihab, Kamis 9 Desember 2021.

Isran berkisah awal mula keterlibatan adik Prabowo Subianto dalam pembangunan Ibu Kota Negara.

“Awalnya dia itu kan untuk suplai Balikpapan, tapi dengan itu lebih dekat ngapain dia ke Balikpapan? Bagus suplai ke ibu kota,” tuturnya. Menurutnya jarak lokasi perusahaan Hashim Djojohadikusumo menuju lokasi Ibu Kota Negara baru lebih dekat daripada ke Balikpapan.

“Jadi kalau dari lokasi dia ke Balikpapan dengan lokasi ke Ibu Kota itu hanya sekitar 30 persen lebih dekat,” ujarnya.

Isran juga mengonfirmasi keterlibatan grup Adik Prabowo dan beberapa konglomerat lain dalam pembangunan Ibu Kota Baru. “Jadi dia kan punya areal untuk kawasan Hak Pengusahaan Hutan,” bebernya.

Isran Noor juga tidak mempermasalahkan keterlibatan sejumlah konglomerat. “Ya gak apa-apa, mereka kan namanya Hak Guna Usaha itu kan ada batas waktunya, berakhir juga nantinya, kan tidak diperpanjang,” tuturnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button