Internasional

Biden Resmi Jadi Kandidat Presiden AS

Red : Ahmad Mulyadi

MILWAUKEE, TIMUR MEDIA – Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, resmi menjadi calon presiden AS dari Partai Demokrat. Demikian disampaikan media asing berbahasa Jerman, Tagesschau (19/8/2020).

Menurut Tagesschau, Biden berhasil mengumpulkan suara yang dibutuhkan untuk dicalonkan sebagai presiden AS pada Kongres Partai Demokrat yang digelar secara virtual belum lama ini. Dengan demikian, Biden akan menjadi lawan Donald Trump yang juga akan maju kembali sebagai calon presiden AS dari Partai Republik pada pemilihan umum 3 November nanti.

Menghadapi Trump, Biden akan memanfaatkan beberapa isu sensitif yang sering muncul selama Pemerintahan Trump, terutama masalah penanganan COVID-19 dan masalah rasisme.

Dalam pidatonya, Biden menyatakan jika dirinya terpilih menjadi presiden AS maka dia akan memperkuat persatuan warga AS tanpa melihat ras, warna kulit dan latar belakang mereka. Pernyataan itu pun dia perkuat dengan dukungannya terhadap Kamala Harris untuk mendampinginya sebagai wakil presiden pada pemilihan umum nanti. Seperti diketahui, Harris adalah seorang wanita non-kulit putih yang saat ini menjadi senator di negara bagian California.

Selain itu, Biden pun menyatakan akan membangun kembali ekonomi AS yang sedang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal kedua tahun ini (April-Juni) menurun tajam hingga -32,9%. Sebagian besar dari penurunan itu disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang hingga hari ini masih diderita AS.

Dengan membawa isu-isu tersebut, Biden menurut sejumlah pengamat politik internasional cukup bisa bersaing dalam pemilihan umum nanti. Hal itu pun diperkuat oleh hasil jajak pendapat secara nasional yang menempatkan Biden di depan Trump.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button