Internasional

Biden Disebut Menangkan Pemilu Presiden AS

Red : Ahmad Mulyadi

NEW YORK, TIMUR MEDIA – Kandidat Presiden AS ke 46, Joe Biden disebut sejumlah media Barat berhasil memenangkan Pemilu Presiden AS (8/11/2020). Biden berhasil meraih lebih dari 270 suara elektoral (Electoral College) untuk mengunci kemenangannya pada Pemilu ini.

Media ternama asal AS, CNN menjadi salah satu media barat yang pertama kali memberitakan kemenangan Biden. Bahkan berita-berita CNN tadi malam (7/11/2020) tentang kemenangan Biden sering dijadikan rujukan media-media Barat lainnya, baik itu di Amerika Serikat sendiri maupun di negara-negara Eropa.

Menurut CNN, kemenangan pria berusia 77 tahun ini tidak lepas dari kesuksesannya meraih keunggulan di sejumlah negara bagian yang disebut swing states, yaitu negara bagian-negara bagian di AS yang paling kompetitif di mana kedua kubu (Demokrat dan Republik) memiliki peluang yang relatif berimbang.

Kemenangan Biden ini juga menjadi kemenangan bagi negara-negara blok Atlantis yang dimotori oleh Prancis, Jerman, Kanada dan sejumlah negara lainnya yang pro-globalisme. Usai media-media Barat memberitakan kemenangan Biden, sejumlah pemimpin negara-negara blok Atlantis itu langsung menyampaikan kegembiraan dan ucapan selamatnya kepada Biden melalui akun media sosial mereka. Ucapan-ucapan ini di antaranya disampaikan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Sementara itu, kandidat dari Partai Republik, Donald Trump, hingga hari ini belum mengakui kemenangan Joe Biden. Trump menyebut terdapat sejumlah kecurangan dalam proses penghitungan suara pada Pemilu ini.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button