Nasional

Bhakti SMSI untuk Nusantara

SMSI beranggotakan 1.224 perusahaan media siber.

Report: Dwi I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Perhelatan Hari Pers Nasional tahun 2021 memiliki nuansa tersendiri dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab, berlangsung di tengah pandemi.

Bagi Serikat Media Siber Indonesia atau SMSI, tahun ini menjadi perhelatan HPN pertama bagi organisasi perusahaan media siber setelah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

SMSI yang beranggotakan 1.224 perusahaan media siber, memperingati HPN 2021, dengan melakukan kegiatan bhakti sosial. Antara lain, meliputi pembangunan jalan dan sarana sanitasi Mandi Cuci Kakus di Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten.

“Sebagai organisasi konstituen Dewan Pers, SMSI ingin membawa angin baru dalam Hari Pers Nasional tahun 2021. Sehingga tak lagi terfokus pada acara serimoni, namun bersama-sama melakukan kegiatan bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, Minggu 7 Januari 2021. Semisal, dengan membantu pembangunan jalan.

Ia berujar, jalan yang dibangun ini adalah jalan baru dengan panjang 750 meter dan lebar 2,5 meter. “Ini bhakti SMSI untuk negeri. Bantuan masyarakat pers untuk masyarakat memperingati HPN,” ujarnya.

Firdaus memaparkan, pembangunan jalan tersebut sudah dimulai beberapa pekan lalu yang diawali dengan pembebasan lahan, perataan tanah dan penebangan pohon.

“Pelaksanaan pembangunan proyek sosial itu ditangani SMSI Pusat dan juga SMSI Provinsi Banten yang paling dekat dengan lokasi  proyek serta didukung sepenuhnya PT Dwi Ratna Putra,” katanya.

Selain pembangunan jalan, di lokasi sama, SMSI juga membangun 16 unit MCK. Kedua proyek sosial ini menjadi monumen sejarah SMSI yang didirikan 7 Maret 2017.

Tepatnya, pada Selasa 7 Maret 2017, hari yang menjadi tonggak bersejarah bagi dunia pers Tanah Air. Hari itu sebuah lembaga yang kemudian diberi nama SMSI diproklamirkan sejumlah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia dari pelbagai provinsi di Indonesia. Pembentukan SMSI digagas Ketua PWI Banten saat itu, yang dinahkodai Firdaus.

Dengan diproklamirkannya pendirian SMSI di Banten, diikuti dukungan para ketua PWI se-Tanah Air, dengan membentuk SMSI di provinsi masing-masing. Maka, jadilah SMSI sebagai organisasi pers nasional yang menjadi wadah pengusaha pers online atau media siber. Sekarang tercatat ada 1.224 pengusaha media siber bergabung, termasuk para start-up yang mengembangkan usaha pers.

Tiga tahun berjalan pada 29 Mei 2020 secara resmi SMSI ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers dengan surat keputusan Dewan Pers Nomor 22/SK-DP/V/2020 yang ditandatangani Ketua Dewan Pers  Mohammad Nuh, 29 Mei 2020.

Dengan ketetapan ini, maka jumlah konstituennya menjadi 10, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan SMSI.

Menurut Dewan Pers, dengan anggota lebih dari 1.000 perusahaan media, menjadikan SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menobatkan SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber terbesar di dunia.

Untuk itu, di Rapat Kerja Nasional SMSI 26 – 27 September 2020, di Hotel Marbella Anyer, mengukuhkan arah organisasi dan pemantapan program kerja.

Kemudian dirumuskan secara sistematis, bahwa SMSI menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan anggota dan pengurus.

Untuk lima tahun pertama, SMSI membagi program menjadi dua program pokok, pertama program yang berorientasi ke dalam. Kedua, program yang berorientasi  ke luar.

Khusus Internal ada tiga program prioritas yaitu Pendataan dan verifikasi anggota se-Tanah Air; kedua, pada tahun 2020 – 2021 diprioritaskan pada  pembangunan infrastruktur SMSI hingga Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia; ketiga, memperkuat news room yang menjadi perekat jaringan media siber di Indonesia.

Untuk mewujudkan amanah Rakernas itu,  dengan keterbatasan di tengah badai pandemi, SMSI bergerak membangun siberindo.co sebagai news room terbesar di Tanah Air yang diluncurkan 10 Oktober 2020 di Bintaro Tangerang Selatan. Sebelumnya sudah di bangun sin.co.id dan indonesiatoday.co.

Secara eksternal, sesuai hasil Rakernas 26 – 27 September 2020, SMSI akan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di batas kepentingan anggota dan pengurus.

Terkait hal tersebut, SMSI membagi program yang berorientasi eksternal menjadi tiga yaitu pertama, membangun hubungan dengan seluruh jajaran pemerintahan untuk memperkuat tatanan pemerintahan  guna mencapai keadilan bagi seluruh masyarakat.

Kedua, membangun hubungan dengan dunia usaha dan masyarakat pers sebagai komunitas SMSI; ketiga, membangun dan memperkuat hubungan SMSI di tataran internasional.

Terkait prioritas program SMSI tersebut, dalam rangka memperingati HPN 2021,  SMSI sebagai Konstituen Dewan Pers ikut serta mempringati HPN, dengan menghelat wabinar untuk mencari formulasi Pemulihan Ekonomi Nasional yang berorientasi pada Kebangkitan Ekonomi Kreatif, sebagai basis SMSI organisasi Perusahaan Media Siber. Webinar ini juga melibatkan HIPMI dan asosiasi pariwisata se-Indonesia sebagai audien dan narasumber.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button