Kaltim

Besok, Digelar Operasi Zebra 2020

Report: Yoyo I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Senin 26 Oktober 2020, polisi akan menggelar Operasi Zebra Mahakam 2020.  Operasi ini mengincar pemotor dan pemobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Polisi menetapkan tujuh kesalahan yang jadi prioritas penindakan.

Yakni, tidak memakai helm, melawan arus, menggunakan alat komunikasi saat berkendara. Lalu, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, belum cukup umur berkendara, dan atau berkendara di bawah pengaruh alkohol.

Operasi ini berlangsung selama 14 hari mulai besok Senin sampai Minggu 8 November 2020. Operasi Zebra serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Kasatlantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil mengatakan pihaknya akan mengedepankan kedisiplinan pengendara. Sekaligus sosialisasi keselamatan secara humanis dan simpatik menekan angka penyebaran Covid-19.

“Operasi Zebra Mahakam kali ini, kami lebih menekankan kegiatan preventif dan preemtif. Berupa sosialisasi dan pencegahan,” ujar Kompol Ramadhanil, Minggu, 25 Oktober 2020.

Sanksi bagi pelanggar mengacu UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kami lebih mengutamakan operasi hunting dan pelanggaran kasat mata. Untuk stasionernya masih melihat kondisi. Begitu juga bagi masker saat sosialisasi nanti bisa saja kita bergabung dengan operasi yustisi,” tuturnya.

Pengendara kendaraan R2 dan R4 diimbau melengkapi surat-surat saat berkendara, juga kelengkapan kendaraan. “Melengkapi surat-surat kendaraan. SIM, STNK dan kelengkapan kendaraan lain saat berkendara.”

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button