NEWS

Beli Elpiji 3Kg Pakai Aplikasi

Report: Agus Setiawan I Editor: Ahmad Mulyadi

TIMUR MEDIA – PT Pertamina Patra Niaga berencana akan membatasi pembelian liquified petroleum gas atau LPG 3 kilogram. Masyarakay yang akan membeli gas melon harus memakai aplikasi.

Mulai 1 Juli 2022, Pertamina meminta masyarakat agar mendaftarkan diri ke situs Pertamina jika ingin membeli Pertalite atau menggunakan aplikasi MyPertamina.

Skema pembelian Pertalite memakai aplikasi itu juga berlaku pada pembelian elpiji subsidi. “Untuk LPG sebetulnya sama kita minta juga untuk register lewat aplikasi MyPertamina,” papar Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo  saat diskusi daring, Rabu, 29 Juni 2022.

Ia menjelaskan langkah ini dilakukan Pertamina agar proses penyaluran BBM dan elpiji subsidi bisa tepat sasaran. “Langkah yang sama akan kami berlakukan untuk membeli elpiji subsidi,” ujar Ega.

Terkait

Tapi, ia tidak menjelaskan kapan pembelian gas elpiji 3 kilogram akan mulai dilakukan melalui aplikasi. Ia hanya menekankan hal itu sudah pasti dilakukan karena proses uji coba telah dijalankan.

“Kami sudah lakukan uji coba secara diam-diam di 114 ribu penduduk menggunakan MyPertamina. Kita sudah masuk ke tahapan enam diuji coba yang kita lakukan,” jelasnya.

Ia berujar, untuk penggunaan uji coba dilakukan berkolaborasi dengan pemerintah. Alasannya, masyarakat yang melakukan uji coba, mereka yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial milik Kementerian Sosial.

Ke depan, lanjut Ega, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih jauh terkait data DTKS sebelum menerapkan pembelian LPG 3 kg. Sebab saat uji coba, penerima tidak mencapai 100 persen.

“Yang terbawah di data DTKS yang paling miskin tidak menggunakan elpiji. Jadi kami akan berkoordinasi dengan pemerintah apakah tetap menggunakan data DTKS atau menggunakan skema yang kami lakukan dalam pembatasan BBM subsidi nanti,” jelasnya.

Harga keekonomian gas melon terpaut Rp 15.359 per kilogram pada tahun ini.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan kementeriannya bakal melanjutkan agenda reformasi subsidi untuk menambal beban subsidi tahun ini.

Kemenkeu bakal menyesuaikan HJE mendekati harga keekonomian sembari mendorong subsidi tertutup untuk gas melon, tahun depan.

Data Kemenkeu mencatat realisasi subsidi bahan bakar minyak dan LPG 3 kilogram naik rata-rata 26,58 persen setiap tahun, dalam rentang 2017 – 2021. Kenaikkan nilai subsidi itu dipengaruhi fluktuasi harga ICP dan nilai tukar rupiah.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button