Internasional

Belanda Gelar Pemilu Pertama Eropa di Era Pandemi

Red : Ahmad Mulyadi

DEN HAAG, TIMUR MEDIA – Belanda menjadi negara pertama di Uni Eropa yang menggelar pemilihan umum sejak pandemi Covid-19. Seperti dilansir DutchNews.nl (17/3/2021), hari ini sekitar tiga belas juta penduduk Belanda tengah memberikan suara mereka di 9200 lokasi yang tersebar di negara tersebut.

Menurut laporan DutchNews.nl, pemilu kali ini kemungkinan akan dimenangkan kembali oleh partai sayap kanan, VVD. Partai yang dipimpin Perdana Menteri (incumbent) Mark Rutte ini menurut hasil polling masih memimpin jumlah perolehan suara. Sementara posisi kedua akan diperebutkan oleh CDA, D66 dan partai ekstrem kanan PVV.

Sebagian pengamat politik berpendapat, hasil pemilu ini akan kembali membentuk koalisi antara VVD, CDA, D66 dan CU. Koalisi ini akan dipimpin Mark Rutte sehingga posisi Perdana Menteri Belanda kemungkinan besar akan tetap diisi Mark Rutte.

Mark Rutte sejauh ini dianggap berhasil membawa Belanda tetap berada dalam ekonomi yang relatif stabil meski tengah dilanda pandemi Covid-19. Politisi alumnus Fakultas Sejarah Universiteit Leiden ini telah memimpin Pemerintahan Belanda sejak 2010 lalu dan memimpin VVD sejak 2006.

Dalam Pemilu kali ini, isu yang sering dibahas adalah perubahan cuaca, pajak dan pemukiman penduduk. Adapun isu Covid-19 relatif jarang dibahas meski pandemi belum berakhir. Hanya partai ekstrem kanan PVV pimpinan Geert Wilders yang masih menyinggung isu tersebut.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button