Ekonomi

Bappenas Prediksi Seluruh Negara Akan Resesi

Pewarta: Ryan I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Deputi Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Prijambodo memperkirakan seluruh negara akan masuk dalam jurang resesi.

Bambang menilai seluruh negara di dunia mengalami penurunan dan resesi. “Bukan saja resesi dangkal tapi juga sangat dalam,” ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu 29 Juli 2020.

Ia menilai kontraksi ekonomi sudah terlihat di berbagai negara, seperti Singapura dan Korea Selatan yang lebih dulu mengalami resesi. Begitu pula Cina, yang pada kuartal I turun 6,8 persen dan sempat pulih pada kuartal II meski hanya di angka 3,2 persen.

Yang mengejutkan kontraksi di Singapura yang ekonominya mengalami penurunan tajam hingga 12,6 persen. Begitupun Korea yang juga kontraksi sekitar 3,2 persen di kuartal II.

Sedangkan di Indonesia, ia memprediksi, pertumbuhan negatif masih akan terjadi pada kuartal II. Tapi ia optimis kondisi akan semakin membaik di kuartal selanjutnya.

“Pemerintah saat ini sedang mencoba agar di kuartal III dan IV bisa mencapai angka yang positif, meski tidak besar tapi tidak resesi,” tutur Bambang. Ia meyampaikan saat ini perlambatan cukup besar terjadi pada aktivitas investasi. Kegiatan impor barang modal, bahan baku dan berbagai kegiatan investasi lainnya termasuk purchasing manager indeks mengalami penurunan yang dalam.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button