AdvPenajam Paser Utara

Bapenda PPU Gencarkan Konsolidasi

Pihaknya juga melakukan identifikasi terhadap realisasi 11 sektor pajak.

Report: Teguh I Editor: Abi Kurniawan

TIMUR MEDIA – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara resmi membentuk Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda, per Oktober 2020. Usai dibentuk, Bapenda menggencarkan konsolidasi dengan pelbagai pihak, terutama dengan Badan Keuangan Aset Daerah, BKAD.

Kepala Bapenda Kabupaten PPU, Tohar, menjelaskan sebelumnya kedua OPD ini menjadi satu bagian di Badan Keuangan. Namun kini telah dilebur menjadi Bapenda dan BKAD Kabupaten PPU.

Tohar mengatakan usai terbentuk pihaknya segera menggencarkan konsolidasi internal dengan seluruh jajarannya. Termasuk memahami tugas dan pokok di masing- masing jabatan di dinasnya. Konsolidasi juga dilakukan dengan BKAD untuk mengetahui realisasi target Pendapatan Asli Daerah terakhir.

“Tahun ini pemerintah daerah menargetkan total PAD mencapai Rp 101 miliar,” jelas mantan Sekda ini, Jumat 6 November 2020.

Tapi lantaran dipengaruhi pandemi, PAD mengalami penurunan Rp 21 miliar dari target semula yang diprediksi tembus Rp 122 miliar. Penyesuaian itu, jelas Tohar, dilakukan karena mempertimbangkan dampak pandemi. “Realisasi PAD sekarang ini dalam rekon pejabat di BKAD untuk mengetahui sejauh mana. Untuk itu, sekarang masih dihitung,” ujarnya.

Tohar juga mengutarakan akan mengidentifikasi realisasi 11 sektor target pajak daerah, seperti Izin Mendirikan Bangunan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan atau PBB-P2.

“Selain itu saran burung walet, Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB, restoran, dan lainnya. Kami akan melihat data target yang ditetapkan masing-masing sektor,” papar Tohar.

Kemudian, dilakukan identifikasi realisasi kewajiban nilai subjek pajak. Dalam pelaksanaan identifikasi akan diketahui wajib pajak mana yang sudah dan belum melaksanakan kewajibannya.

“Wajib pajak yang tidak taat akan langsung ditagih petugas. Tujuannya agar target PAD bisa sesuai target,” jelas Tohar. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button