AdvDPRD Balikpapan

Bapemperda Wacanakan Pangkas Aturan Buang Sampah

Report: Taufik I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Balikpapan, Syukri Wahid, melempar wacana terkait aturan pemangkasan waktu jam buang sampah di kota ini. Rencananya aturan membuang sampah dipangkas hanya sampai pukul 02.00 dini hari, yang sebelumnya bisa sampai pukul 06.00 Wita.

Syukri menuturkan, rencana perubahan aturan jam membuang sampah untuk saat ini masih dalam pembahasan. Perubahan waktu membuang sampah ini dilakukan untuk menghindari kemacetan yang terjadi di atas jam 6 pagi.

“Walau jam operasional sudah diatur dalam Perda, kenyataan di lapangan masih banyak masyarakat yang membuang sampah di atas jam 6 pagi,” tutur Syukri, Senin 3 Mei 2021.

Untuk itu, pihaknya melempar wacana perubahan jam operasional hingga pukul 02.00 dini hari. Selain menghindari kemacetan, pemangkasan waktu ini untuk menghindari masih adanya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah.

Ia menerangkan selama ini jam operasional membuang sampah di Balikpapan sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015. Aturan ini mengatur waktu bagi masyarakat untuk membuang sampah, mulai pukul 18.00 Wita hingga pukul 06.00 pagi. Ke depan, jam operasional ini akan diperpendek menjadi hingga pukul 02.00 dini hari.

“Jadi yang kita inginkan disini, ketika batas waktu membuang sampah hanya sampai jam 2 dini hari, maka di jam 6 pagi semua TPS sudah tidak ada sampah lagi,” terang Syukri.

Pihaknya telah membuat simulasi. Namun keputusan pemangkasan waktu ini belum menemui titik temu. “Masih belum ada kesepakatan. Jika memang tidak bisa dilakukan, maka akan dicari solusi lain,” ujarnya.

Syukri Wahid juga menyadari kurangnya TPS di Balikpapan, karenanya sebelum Perda ini diterapkan, keberadaan TPS harus perlu ditambah terlebih dahulu. “Problem kita bagaimana mengantisipasi agar di pagi hari seluruh TPS di Balikpapan tidak kotor,” jelas Syukri.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button