NEWS

Banten Raih Penghargaan Provinsi Terinovatif

By Ahmad

JAKARTA, TIMUR MEDIA – Provinsi Banten meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Provinsi Terinovatif. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) kepada Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) dalam ajang Innovative Government Award, di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin (18/12/20).

Dalam kesempatan tersebut, WH menyampaikan rasa syukurnya karena berhasil memberikan kontribusi positif kepada Banten, daerah yang dipimpinnya sejak 2017 lalu. “Sangat bersyukur. Meski dalam kondisi pandemi, Pemerintah Provinsi Banten dapat terus berinovasi demi terciptanya pelayanan yang optimal terhadap masyarakat, serta terwujudnya good governance,” tutur WH.

Sejak dipimpin WH, Banten memang telah melakukan sejumlah inovasi di berbagai bidang. Di antaranya dalam pelayanan informasi, pelayanan perijinan, pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pelayanan pengaduan melalui berbagai platform digital. Dengan digitalisasi itu, masyarakat Banten pun kini mendapat berbagai kemudahan dan tidak lagi dipusingkan oleh proses birokrasi dan administrasi yang panjang.

Sementara itu, Mendagri M Tito Karnavian menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilakukan sejumlah daerah di Indonesia, di antaranya Provinsi Banten. Ajang penghargaan tingkat nasional semacam ini, kata dia, diharapkan dapat semakin memicu semua daerah di Indonesia agar terus berinovasi dalam tata kelola pemerintahan.

Dengan demikian, publik semakin dilayani dengan tepat dan efisien oleh pemda. Dalam masa otda (otonomi daerah), sudah sewajarnya bahwa inovasi merupakan kata kunci penting bagi pemda,” ujarnya.

Selain itu, Karnavian pun menyampaikan pentingnya harmonisasi antara kebijakan daerah dan kebijakan pusat. Karenanya, tutur Karnavian, pihaknya berharap setiap inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dapat selaras dan harmoni dengan kebijakan pusat.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button