Balikpapan

Bansos Sembako Balikpapan Dialihkan ke Uang

Total dana yang diterima per warga Rp 450 ribu.

Report: Firdaus I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Pemerintah Balikipapan mengalihkan bantuan sosial sembako tahap ketiga dan keempat, menjadi bantuan uang tunai. Bansos ini diberikan bagi warga terdampak korona.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan pengalihan sembako ke uang tunai ini besarannya mencapai ratusan ribu. “Di tahap 3-4 mulai dialihkan dari sembako ke yang tunai. Kira-kira Rp 450 ribu,” jelasnya.

Ia merinci, besaran tunai itu terdiri dari bantuan untuk tahap ketiga dan keempat yang masing-masing tahap sebesar Rp 200 ribu. Kemudian ditambah dana sisa bantuan sembako sebelumnya. “Masih ada sisa yang kemarin sembako, jadi digabung kira-kira semuanya Rp 450 ribu,” jelas Rizal.

Namun, ada pengurangan dari sisi jumlah warga penerima. Yakni sebanyak 52 ribu kepala keluarga, dari sebelumnya 64 ribu KK. Kendati demikian, sisa 12 ribu itu bukan berarti tidak menerima bantuan sama sekali. Melainkan dialihkan ke Pemprov Kaltim, yang juga menyalurkan bansos serupa.

“Karena di Pemprov Kaltim masih ada, jadi kita kirim lagi data 12 ribu warga ke provinsi,” ujar Rizal. Mereka yang dialihkan ke Pemprov, lanjut Rizal, saat ini prosesnya tinggal menanti dibuatkan surat keputusan. Sehingga 12 ribu KK warga Balikpapan akan menerima bansos dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Lagi di SK kan, masih nunggu,” papar Rizal. Ia menerangkan, sebelum 12 ribu KK ini, sebelumnya ada 23 ribu KK Balikpapan yang juga mendapat bansos provinsi berupa dana tunai Rp 750 ribu untuk rentang tiga  bulan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button