Bencana Alam

Banjir Kalbar, 16.811 Warga Terdampak

Reporter: Taufik I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Kallimantan Barat diterjang musibah banjir setinggi hingga 1,2 meter. Banijr ini merendam enam desa. Akibatnya, sebanyak 16.811 jiwa dari 4.679 Kepala Keluarga Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, terdampak.

Mengacu keterangan BPNB, pada Senin 14 Februari 2022, banjir itu terjadi sejak Sabtu pukul 01.00 WIB.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat agar meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi puncak musim hujan tahun 2022. Langkah mitigasi dan pencagahan juga dapat dilakukan, seperti memantau daerah aliran sungai, melakukan pembersihan aliran air dari sampah dan terus memantau debit aliran sungai.

BPBD Kabupaten Ketapang akibat banjir itu sekitar 2.228 unit rumah terdampak. Lalu, sedikitnya 12 unit fasilitas umum dan satu fasilitas pendidikan terdampak. Sekaligus berkoordinasi dengan perangkat desa, TNI-Polri, dan relawan setempat untuk kaji cepat dan pendataan wilayah terdampak lainnya.

Beruntung tidak ada laporan warga mengungsi akibat kejadian itu. Kondisi terkini banjir mulai berangsur surut. Tetapi BPBD setempat masih melakukan monitoring cuaca dan mengimbau masyarakat agar waspada jika ada potensi banjir susulan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button