Bencana Alam

Banjir di Kudus Beraroma Busuk

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Banjir berwarna hitam di Kudus menyebarkan aroma busuk. Banjir ini menerjang Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, Minggu 7 Januari 2021. Meski begitu, warna hitam di air banjir itu sudah mulai berkurang.

Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo, dalam keterangan tertulisnya, menjelaskan ketinggian air bervariasi mulai 30 cm sampai 145 cm di Desa Jati Wetan. Namun, intensitas air naik 20 cm. Ada tiga kecamatan yang diterjang banjir yakni Kecamatan Undaan, Kecamatan Jati, dan Kecamatan Mejobo serta sembilan desa yang terendam banjir.

“Terparah di Desa Jati Wetan yang mencapai 145 cm, sedangkan daerah lain rerata bertambah tinggi sekitar 20 cm. Hanya Desa Jatai Wetan yang air banjirnya berwarna hitam dan berbau busuk,” jelasnya.

Dari tiga kecamatan yang terdampak, lanjutnya, ada 5.324 KK dengan 17.204 jiwa dan 2.873 rumah terendam banjir. Banjir limpasan akibat sungai Wulan dan Lusi atau Sungai Juana.

Sampai siang ini air warna hitam masih menggenangi permukiman tersebut. Warna hitam tampak mulai memudar. Sejumlah warga melakukan kegiatannya dengan menggunakan perahu. Warga yang memiliki rumah dua lantai memilih bertahan di rumahnya. Banjir di Desa Jati Wetan ini meluas hingga ke jalur Pantura yang berada di wilayahnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button