Ibu Kota Baru

Bangun Kebun Bibit 100 Hektare

Report: Hendra| Editor: Teguh H

TIMUR MEDIA – Pemerintah akan membangun kebun bibit di ibu kota baru. Luasan lahan kebun itu mencapai 100 hektare.

“Kita ingin memperbaiki lingkungan di sekitar ibu kota negara,” ujar Jokowi, di pintu Tol Samboja, Kukar, Selasa, 17/Des/2019. Untuk itu di sekitar ibu kota baru akan didirikan kebun bibit ratusan hektare.

“Yang pertama dibangun kebun bibit, nursery seluas kurang lebih 100 hektare memuat jutaan bibit di situ,” jelasnya. Tak hanya itu, ia pun memastikan pasokan air dan listrik sudah direncanakan.

“Sudah ada semua, perencanaan itu sudah ada semua jadi kita membangun sebuah gagasan besar,” kata Jokowi. Ia kembali menekankan yang terpenting adalah menjaga lingkungan.

Pemerintah menyiapkan lahan seluas 180.000 hektare untuk ibu kota baru. Untuk kantor kementerian dan lembaga negara, diproyeksina menggunakan lahan 4.000—6.000 ha. Pembangunan tahap pertama mencakup area inti, yaitu lahan seluas 4.000 ha.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi juga baru saja meresmikan tol Balikpapan-Samarinda. Tol ini memiliki nilai investasi sebesar Rp9,9 triliun yang berasal dari APBN, APBD, dan pinjaman pemerintah China.

Tol sepanjang 99,35 kilomete ini terhubung langsung dengan jalan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Ruas tol terbagi atas lima seksi. Seksi I Balikpapan-Samboja memiliki panjang 22,03 km, Seksi II Samboja-Muara Jawa 30,98 km, dan Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,5 km. Kemudian Seksi IV Palaran-Samarinda 17,95 km dan Seksi V Balikpapan-Sepingan 11,09 km.

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close