Bencana Alam

Bandung Diguncang Gempa

Tidak ada gempa susulan.

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3.5 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Titik gempa berada di 17 Kilometer Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 5 kilometer. Episenter gempa tektonik terletak di koordinat 7.25 LS dan 107.73 BT atau tepatnya berlokasi di darat.

Gempa terjadi pada Jumat 26 Juni 2020, pukul 20.34 Wib.

Kepala Balai Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan, lindu yang terjadi jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Sejumlah wilayah sempat merasakan guncangan gempa.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kamojang Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas II – III MMI,” papar Hendro dalam keterangan resminya.

Gempa dirasakan di Tarogong dengan skala III MMI, Pacet dan Ciparay, Semarang dengan skala III MMI, Majalaya dengan skala III MMI, dan Bayongbong dengan skala III MMI. Namun hingga laporan ini ditulis, belum ada laporan terkait kerusakan akibat dampak gempa bumi ini.

Hendro mengatakan, sampai pukul 21.07 Wib, sesuai monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap informasi hoaks.

Ia juga meminta masyarakat agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button