Balikpapan

Balikpapan Susun Protokol Kesehatan untuk Kepariwisataan

Reporter: Hendra I Editor: Basir

TIMUR MEDIA– Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi meyampaikan pihaknya sedang menyusun regulasi standar protokol kesehatan untuk sektor kepariwisataan.

Rizal menjelaskan, regulasi ini nantinya menjadi kerangka acuan pembukaan objek rekreasi wisata. Ia berharap langkah ini bisa mendongkrak geliat wisata di Kaltim, khususnya Balikpapan.

“Harapan kita sektor pariwisata bisa segera dibuka. Tapi kita lihat dulu situasinya,” ujar Rizal. Menurut rencana sektor ini akan dibuka kembali pada akhir bulan depan. “Rencana akhir Juli tapi kita perlu lihat juga jumlah kasus Covid-19 di Balikpapan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni menjelaskan istilah yang dipakai untuk membuka kembali sektor wisata tidak menggunakan istilah new normal tapi reaktivasi wisata domestik.

Pihaknya akan membuat lini masa operasi sektor pariwisata sampai akhir tahun ini. Secara bertahap selama dua bulan ke depan untuk kuliner dan tempat makan.

“Bulan Agustus sampai Oktober diperluas. Masyarakat memulai kebiasaan baru dan boleh pergi ke tempat rekreasi antarkota di satu provinsi,” jelasnya, Senin 22 Juni 2020. Di masa ini, masyarakat juga diizinkan mengumpulkan orang banyak dengan tapi tetap dengan skala terbatas.

Kemudian, lanjut Sri, di dua bulan terakhir jelang akhir tahun, akan diizinkan wisata antar provinsi. Rencana ini dibuat lantaran dengan melihat tren penyebaran korona yang mulai mereda.

“Rekreasi dibuka dengan catatan tidak ada lonjakan kasus COVID-19, lalu standar protokol kesehatan tetap dijaga. Kalau ada lonjakan kasus, ya ini tidak berlaku lini masa,” ingatnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button