Politik

Balikpapan Siapkan Perda Garasi

DPRD Balikpapan membahas Raperda kepemilikan garasi. (FB Syukri Wahid)

BALIKPAPAN, TIMUR MEDIA – Punya mobil tak punya garasi. Tentu hal ini bisa mengundang kekesalan tetangga.

Bahkan, bisa jadi kerugian bagi pemilik mobil tanpa garasi. Misalnya, risiko mengundang pencurian mobil.

Pemerintah Kota Balikpapan dan parlemen, menangkap kekhawatiran itu. Kini, Kota Minyak pun tengah menyiapkan perda. Terkait kewajiban calon pemilik mobil untuk terlebih dahulu memiliki garasi.

Kutipan draf rancangan peraturan daerah tersebut, diposting Ketua Fraksi PKS DPRD Balikpapan, Syukri Wahid, belum lama ini.

Bahkan, hanya selang tiga hari postingan itu viral. Sampai Sabtu (9/11) pagi, postingan Wakil Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan itu telah dibagikan sebanyak 403 kali.

Syukri Wahid, mengingatkan, “Miliki garasi, sebelum Anda beli mobil,” tulisnya, Rabu, (6/11).

Syukri mengungkapkan, “Bagi Anda warga Balikpapan yang akan beli kendaraan mobil, ke depan syarat untuk memiliki kendaraan adalah memilki atau menguasai garasi/tempat parkir. Yang akan dibuktikan oleh surat keterangan dari kelurahan,” tulisnya.

Ia juga memposting kutipan draf rancangan perda tersebut. Yakni terkait Pasal 62 ayat 3.

Disebutkan, kalau syarat penerbitan STNK adalah kepemilikan garasi atau tempat parkir.

Lebih lanjut, Pasal 62 itu menjelaskan “(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan; (2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat; (3) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat 2 menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.”

Nantinya, jika pemilik mobil masih bandel maka akan dikenakan sanksi. Dua hal yang diterapkan, yakni berupa teguran hingga denda Rp 50 juta.

Report: Hendra
Editor: Indah Saraningsih

Most Popular

To Top