Balikpapan

Balikpapan Siapkan 47 Tempat Penyuntikan

Vaksinasi dimulai Februari.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Pemerintah Balikpapan mulai menyiapkan 47 tempat. Nantinya ini akan menjadi lokasi penyuntikkan vaksin Covid-19 tahap pertama termin kedua. Eksekusi pelaksanaan dimulai pada Februari 2021. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Andi Sri Juliarty, Rabu 13 Januari 2021.

Menurutnya, 47 tempat itu termasuk puskesmas, klinik dan rumah sakit. “Tadi sudah kita lihat dan semua memenuhi syarat,” ujarnya. Tempat penyuntikan mensyaratkan ruangan yang besar. Selain itu perlu ada jaringan internet.

“Karena semua data langsung kita input ke aplikasi Pcare BPJS, dan ini sudah kita siapkan,”terangnya. Untuk tempat penyimpanan vaksin berupa lemari pendingin, pihaknya juga telah menyiapkan dua opsi.

Pertama menggunakan instalasi farmasi atau lemari pendingin yang ada, namun hanya bisa menampung menampung hingga 5.400 file. “Jadi kalau datangnya tidak sekaligus, kita menampung disitu 5.400 file,” ujarnya.

Namun, kalau distribusinya melebihi dari jumlah itu, pihaknya menyiapkan rencana lain. “Plan B kita adalah memohon kerjasama dengan perusahaan besar farmasi yang biasa mendistribusikan vaksin di Balikpapan, sudah ada pihak swasta,” jealsnya.

Ia juga mengingatkan agar tempat penyimpanan vaksin harus dilindungi listrik. “Jangan sampai listrik padam. Banyak fasilitas yang harus disiapkan karena suhu harus dipertahankan jangan sampai mati listrik di daerah itu, gensetnya harus siap,” ingatnya.

Untuk tenaga penyuntikan, sudah puluhan orang disiapkan. Mereka telah melakukan workshop dua kali. “Tenaga vaksinator sudah di workshop 82 orang yang pertama, yang kedua 35 orang,” ujarnya. Pihaknya berencana melakukan workshop ketiga kali.

Terkait sasaran vaksinasi, tahap pertama ada 5.759 tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin Covid-19. Dari jumlah itu disiapkan 11.569 dosis karena mereka akan mendapat dua kali suntikkan.  Terkait vaksinasi untuk masyarakat, pihaknya masih menanti instruksi pusat.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button