Balikpapan

Balikpapan Menanti Regulasi Nadiem

2019

Ilustrasi. (net)

TimurMedia.com:

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Pemkot Balikpapan masih menunggu regulasi Kemendikbud soal rencana penghapusan Ujian Nasinonal (UN). Apapun kebijakan pusat, Dinas Pendidikan Balikpapan akan mengikutinya.

Saat ini, Pemkot masih menanti regulasi yang diteken Mendikbud Nadiem Makarim.

“Tapi kalau ditanya bagaimana Disdik Balikpapan menyikapi wacana penghapusan UN, sampai saat ini kami hanya menunggu kepastian regulasinya,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Muhaimin.

Ia bilang penghapusan UN bertujuan mengubah mindset masyarakat terhadap pendidikan yang selama ini dinilai sekadar mengejar nilai.

Sehingga membuat orang tua atau siswa tertekan tiap menjelang ujian nasional. Pemicunya fakta saban menghadapi UN, orang tua dan siswa sekadar berorientasi pada angka-angka.

“Ya akibatnya jadi stres karena mengejar nilai. Ini memang terjadi sepanjang tahun,” ungkapnya. Tapi, Muhaimin belum bisa memastikan bagaimana kebijakan yang akan diterapkan di Balikpapan untuk mengganti UN.

Ia sendiri belum merinci seperti apa kebebasan yang akan diberikan pada guru dan sekolah.

Hanya saja Muhaimin menekankan agar assesment yang diberikan guru nantinya dapat lebih objektif. “Kita tunggu saja regulasi seperti apa,” katanya.

Most Popular

To Top