Balikpapan

Balikpapan Antisipasi Penumpang Domestik

Report: Lina | Editor: Teguh

TIMUR MEDIA – Usai Jokowi mengkonfirmasi kasus pertama korona di Indonesia, Pemkot Balikpapan segera menggelar rapat khusus.

Rapat tersebut membahas antisipasi pencegahan menyebarnya virus korona ke Balikpapan.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapkan, salah satu yang menjadi fokus dalam rapat itu membahas antisipasi kedatangan penumpang pesawat domestik dari luar kota ini.

Hal ini, sambung Sri, menyusul seluruh penerbangan internasional, seperti dari Singapura, untuk sementara telah ditutup.

“Kita lakukan pemantauan bagi yang penumpang jalur domestik. Karena penerbangan internasional sekarang dari Jakarta. Penerbangan Singapore – Balikpapan sudah tidak ada lagi, sudah ditutup,” ujarnya, Senin.

Ia menjelaskan pantauan dilakukan pihaknya dengan menggandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan dan instansi terkait. “Karena penerbangan dari luar kan melalui KKP dulu,” tutur Andi Sri.

Jika dipastikan aman, sambung Sri, baru masuk Balikpapan. “Wilayah itu kan kewenangan kami. Jadi dinas kesehatan harus ikut juta melakukan pemantauan,” ujarnya.

Fokus pantauan, menurut Andi Sri, penumpang asal Jakarta. Alasannya memiliki kemungkinan besar sering menggelar pertemuan dengan warga asing.

“Jadi yang kita waspadai dari Jakarta. Karena dari Jakarta misalnya rapat-rapat, pertemuan sama orang asing, disana ada kontak,” jelasnya.

Kendati demikian, ia memastikan sampai saat ini khusus di Balikpapan belum ada pasien yang suspect korona. “Kami akan terus jaga supaya Balikpapan tetap bebas korona,” tutur Sri.

Selain mengawasi penumpang jalur domestik, Pemkot Balikpapan juga masih menanti kepulangan warganya yang saat ini ada yang masih melakukan umrah di Arab Saudi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button