Balikpapan

Balikpapan Antisipasi Pendatang dari Semayang

Para penumpang diharap mematuhi protokol kesehatan.

Reporter: Hendra I Editor: Fai

TIMUR MEDIA–   Pemerintah Balikpapan melakukan antisipasi terhadap pendatang baru yang tiba melalui Pelabuhan Semayang. Musababnya, dalam pekan ini pelabuhan akan dibuka kembali. Tim Gugus Tugas Covid-19 kota ini mencatat tingkat kepatuhan masyarakat yang datang dari luar Kaltim ke Balikpapan melampirkan PCR melalui bandara SAMS Sepinggan, baru mencapai 41 persen.

“Non Kaltim baru 41 persen pakai PCR, yang pakai rapid satu masih ada,”ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty, Kamis 25 Juni 2020. Angka 41 persen, dinilainya masih kecil. Sebab, mengacu aturan gubernur dan walikota seharusnya semua melampirkan hasil PCR.

Andi Sri, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan ini melanjutkan, data harian penumpang bandara yang datang per Rabu 24 Juni, mencapai 1.200 orang. Dngan rendahnya kepatuhan penumpang di bandara membuat pihaknya perlu kerja keras lagi untuk memantau arus penumpang di Pelabuhan.

Terebih, lanjut Sri, penumpang di pelabuhan Semayang mulai mengangkut penumpang per 28 Juni mendatang. “Ada Surat Pelni bahwa mereka mulai buka 28 Juni. Artinya yang datang banyak sekali. Airport saja kita jaga masih segini, kalau pelabuhan masih nol-nol tidak ada itu yang pakai PCR,” ujarnya.

Ia khwatir penumpang kapal laut kurang mematuhi protokol jaga jarak, terutama saat turun. “Karena itu pak wali kota mau kordinasi dengan Pelni. Pelni sih bagus ngabari kita pelabuhan mulai buka,” ujarnya. Kendati demikian, ia berharap para penumpang bisa mematuhi protokol kesehatan. Terlebih waktu berlabuh kapal penumpang di Semayang rerata dini hari antara pukul 02.00-03.00 Wita.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button