Balikpapan

Balikpapan Akan Perluas Uji Swab Massal

Report: Hendra I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Tim gugus Tugas Covid-19 Balikpapan akan memperluas  swab massal untuk melacak dan mencegah penyebaran virus. Sebagai langkah awal, tes massal itu diawali dari pasar Pandansari pada Selasa 30 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengatakan di pasar Pandansari dari 800 regen swab yang disediakan, hanya terpakai 274 unit. “Nanti kita pakai juga untuk pelacakan kontak. Kalau ada kontak  baru kita tracing juga untuk massal,” jelasnya.

Dio, sapaan karibnya, mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan swab tahap kedua di pasar Pandansari. Alasannya, jumlah pedagang di sana lebih dari 700 orang. Sedangkan di tahap awal, baru 25 persen yang mengikuti tes tersebut.

“Bisa saja kesana lagi mungkin hari ini mereka berhalangan hadir, mau dibuat lagi bisa saja,” ujarnya, Selasa.

Untuk memperluas jangkauan, nantinya tes swab massal juga dilakukan di lokasi yang dinilai berisiko memiliki potensi penyebaran. Seperti, di pasar Sepinggan,  Klandasan, dan pelabuhan Semayang.

“Nanti kita akan lanjutkan di pelabuhan karena rata-rata penumpang tidak bawa hasil PCR dari daerah asalnya,” jelas Dio.

Pihaknya mengaku telah melakukan kordinasi dengan pelabuhan Semayang agar bisa dilakukan swab massal. Nantinya sasaran tes itu untuk penumpang, pedagang dan buruh bongkar muat pelabuhan.

“Kita sudah kordinasi dengan pak Sriyono, Pelni. Di sana berisiko saat kontak penumpang,” ujarnya. Untuk memuluskan rencana perluasan tes swab massal, pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan untuk rapid test sebanyak 8.000 dan PCR sebanyak 800 regen. Semua ini untuk kebutuhan tiga bulan.

“Kita minta rapid tes 8.000 kali 3 untuk tiga bulan ke depan. Swab kita minta 800 kali 3 lagi,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close