Internasional

Austin Resmi Pimpin Pentagon

Red : Ahmad Mulyadi

WASHINGTON, TIMUR MEDIA – Lloyd Austin resmi menjadi Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) setelah disumpah oleh Pemerintah AS, di Washington, kemarin lusa. Demikian dilaporkan media raksasa asal Jerman, ZDF (23/1/2021).

Pengangkatan Austin menjadi Menhan AS itu sebelumnya telah disetujui oleh Senat AS pada Jumat lalu. Austin pun sebelumnya telah menjadi kandidat utama untuk menggantikan David Norquist sejak Biden resmi diangkat jadi Presiden AS beberapa waktu lalu.

Saya bangga sekali menjadi orang AS keturunan Afrika pertama yang dipercayai mengisi posisi tersebut,” kata Austin dalam akun twitternya. Jenderal Purnawirawan AS itu mengaku dirinya sudah tidak sabar memimpin Markas Besar Pertahanan AS, Pentagon.

Austin menjadi orang kedua yang diresmikan dalam Kabinet Pemerintahan Biden. Sebelumnya, Senat AS pun menyetujui penunjukan Avril Haines sebagai Kepala Badan Intelijen AS pada Rabu lalu. Haines pun menjadi wanita pertama yang dipercayai menduduki posisi tersebut dalam sejarah AS.

Sementara itu, posisi strategis lainnya dalam Kabinet Biden, yakni menteri luar negeri, disebut milik Antony Blinken. Politisi yang dikenal pro Eropa, multilateralis dan internasionalis ini menjadi pilihan utama Biden untuk menggantikan Mike Pompeo yang dikenal sebagai politisi populis dan nasionalis.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button