Internasional

Argentina Sepakati Penggunaan Vaksin Asal Rusia

Red : Ahmad Mulyadi

BUENOS AIRES, TIMUR MEDIA — Argentina telah menandatangani kontrak kesepakatan dengan Federasi Rusia untuk vaksinasi lebih dari sepuluh juta penduduk Argentina mulai Januari hingga Februari tahun depan. Demikian disampaikan media spesialis politik internasional asal Italia, Sicurezza Internazionale (11/12/2020).

Penandatanganan kontrak itu dilakukan Pemerintah Argentina dengan Lembaga Dana Investasi Rusia atau RDIF (Russian Direct Investment Fund), sebuah lembaga milik Pemerintah Rusia yang bergerak di bidang investasi. “Kami baru saja menandatangani kontrak dengan RDIF yang menjamin Argentina mendapatkan pasokan vaksin Sputnik V Rusia,” kata Presiden Argentina, Alberto Fernandez di Istana Kepresidenannya.

Dengan demikian, sejauh ini Pemerintah Argentina mendatangkan setidaknya tiga jenis vaksin untuk menanggulangi pandemi COVID-19 di negeri mereka. Sebelumnya, Argentina telah menandatangani kontrak dengan Astra Zeneca dari Oxford, lalu dengan Covax yang merupakan bagian dari program Perserikatan Bangsa Bangsa.

Untuk vaksin Sputnik V ini, Fernandez menyebutkan pihaknya berteimakasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang telah membantu Argentina secara khusus untuk dapat mengakses vaksin tersebut. Vaksin Sputnik V ini, kata dia, merupakan salah satu vaksin terbaik yang ada di dunia saat ini. “Saya tidak ragu bahwa ini adalah kualitas terbaik. Saya akan menjadi orang pertama yang divaksinasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Sputnik V merupakan salah satu vaksin di dunia yang efektifitasnya di atas 95%. Diproduksi oleh sebuah lembaga penelitian milik Pemerintah Rusia, Gamaleya Institute, Vaksin ini kemudian menjadi vaksin (untuk Covid-19) pertama di dunia yang secara resmi terdaftar, tepatnya pada 11 Agustus lalu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button