Politik

APD Pilkada Belum Terdistribusi Merata

KPU yakin sebelum hari pencoblosan bisa didistribusikan ke seluruh TPS.

Report: Yoyo I Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Ombudsman Republik Indonesia mengingatkan KPU untuk segera menyalurkan alat pelindung diri atau APD kepada panitia pemilihan kecamatan agar bisa diteruskan ke panitia pemungutan suara Pilkada 2020. Sampai saat ini distribusi APD untuk kebutuhan Pikada belum merata.

Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala mengungkap sesuai hasil investigasi Ombudsman kepada 31 KPU kabupaten/kota pada 28-30 November, baru 28 persen KPU daerah yang telah menyalurkan APD.

Menurutnya baru sembilan KPU daerah yang telah mendistribusikan APD pada 10 hari menjelang pencoblosan. Meskipun, distribusi APD juga belum 100 persen.

“Investigasi ini semoga bisa menjadi alarm KPU daerah untuk mempercepat pendistribusian dalam waktu tersisa. Semua barang itu harus sampai ke PPK dan PPS. Sebab jika sudah ada barangnya, akan dilakukan simulasi,” papar Meliala, Rabu 2 Desember 2020.

Ia merinci, sembilan KPU daerah yang mulai mendistribusikan APD hasil investigasi Ombudsman RI, antara lain, KPU Depok 86 persen, KPU Tangerang Selatan 86 persen, KPU Indramayu 71 persen, Semarang 57 persen, KPU Surabaya 86 persen, KPU Samarinda 79 persen, KPU Ternate 79 persen, Kabupaten Padang Pariaman 57 persen, dan KPU Lombok Utara 57 persen.

Meliala menyampaikan berdasarkan sesuai jadwal, sebaiknya pendistribusian kelengkapan APD oleh KPU daerah dilakukan pada pekan keempat November. Tujuannya agar pekan pertama Desember fokus pada pendistribusian PPK kepada PPS hingga menjangkau sektor TPS.

“Jadi diharapkan manajemen waktu dan risiko dalam pendistribusian APD bisa berjalan optimal dan tidak terkesan jadwal padat dan terburu-buru,” ingatnya.

Kendati masih belum merata, KPU yakin APD bakal tersedia sehari sebelum hari pencoblosan 9 Desember.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Thantowi meyakini masih ada waktu satu pekan bagi KPU daerah mendistribusikan seluruh APD ke tempat pemungutan suara. Sebagian besar APD telah siap di gudang KPU kabupaten/kota, tapi masih ada kekurangan sarung tangan dan termometer bagi KPPS. Ia mengaku telah mengecek sendiri di gudang logistik KPU kabupaten/kota di Banten dan Lampung.

Dalam Pilkada 2020 ada sekitar 298.938 TPS di 270 wilayah yang menghelat pilkada. “Kami akan terus memonitor ketepatan waktu distribusi logistik pilkada di semua KPU kabupaten/kota,” ujarnya.

I ROL

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button