Balikpapan

Anggaran Pelantikan DPRD Balikpapan Telan Rp 2 Miliar

TIMURMEDIA.COM – Sekretariat DPRD Balikpapan mengucurkan dana sekitar Rp 2 miliar untuk perhelatan pelantikan anggota DPRD Kota Balikpapan terpilih periode 2019-2024.

Sekretaris DPRD Balikpapan, Abdul Azis, pada Selasa, 9/7/2019, menyampaikan anggaran yang disediakan untuk agenda pelantikan telah dianggarkan di APBD Murni 2019.

Anggaran sebesar itu digunakan untuk pelbagai kebutuhan. Di antaranya, tiga baju untuk anggota dewan seperti pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi dan pakaian sipil lengkap.

Kata Abdul Azis, tiga baju itu bakal diberikan kepada 45 anggota dewan terpilih.

Kebutuhan pengadaan pakaian dinas bagi anggota dewan dilakukan dengan penunjukan langsung. Menurut Abdul Azis pengadaan itu tidak dilakukan lelang karena semua pakaian nilainya di bawah Rp 200 juta.

“Seperti PSL yang hanya Rp 3,2 juta per pasang tiap anggota dewan, sehingga jika dikalikan 45 anggota dewan hanya Rp 144 juta,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk pakaian PSH dan PSR nilainya juga tidak sampai Rp 200 juta. Sehingga tidak perlu diadakan pelelangan.

Abdul Azis menerangkan, pengadaan pakaian dan konsumsi saat pelantikan berbeda. Kalau konsumsi telah masuk di Unit Layanan Pengadaan dan dilelang.

“Karena nilainya diatas Rp 200 juta,” terangnya.

Penulis: Maya Astuti
Editor: Abi Kurniawan