Balikpapan

Penanganan Korona Dialokasikan Rp 9 Miliar

Report: Hendra| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Anggaran penanganan virus korona di Balikpapan berbilang miliar. Estimasi Dinas Kesehatan, penanggulangan Covid-19 bisa menyedot dana Rp 9 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty, menjelaskan anggaran sebesar itu digunakan untuk beberapa bulan ke depan.

“Yang saya tahu, kemarin untuk kebutuhan medis mencapai Rp 9 miliar. Tapi ini untuk jangka waktu tiga bulan ke depan,” jelasnya.

Perkiraan dana miliaran itu untuk kebutuhan alat perlindungan bagi tenaga kesehatan. Namun, dana khusus penanganan Covid-19 ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan usulan.

Ia menjelaskan kebutuhan yang dimaksud seperti masker, rapid test untuk masyarakat, dan alat pelindung diri atau APD. Baik untuk tenaga medis di RS maupun observasi lapangan.

“Termasuk untuk pembelian cairan antiseptic, misalnya handsinitizer dan disinfektan,” jelasnya.

Menurutnya seluruh tenaga medis harus terlindungi. Karena itu rapid test menjadi salah satu alat krusial yang dibutuhkan.

“Rapid test kita beli dan kita anggarkan juga, sambil menunggu dari kementerian. Mana yang lebih dulu datang supaya lebih cepat dilaksanakan,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close