Balikpapan

Andi Walinono Divonis 7 Tahun

TIMURMEDIA.COM – Mantan anggota DPRD Balikpapan, Andi Walinono, dinyatakan terbukti melakukan korupsi. Ia divonis tujuh tahun penjara dan dikenai uang pengganti sebesar Rp 1 miliar. Jika tidak, kekayaannya bakal disita.

Putusan itu diketuk usai sidang perkara kasus Rumah Potong Unggas di Pengadilan Tipikor Samarinda, Selasa, 16/7/2019 sore.

Vonis tersebut diputus Majelis Hakim yang dipimpin Burhanuddin, didampingi hakim anggota Joni Kondolele dan Ukar Priyambodo.

Dalam amar putusannya, terdakwa Andi Walinono dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi, sebagaimana dakwaan primair penuntut umum pada pasal 2 ayat (1) junto pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah ditambahkan UU 20/2001 tentang perubahan UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Di perkara ini, majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara kepada terdakwa Andi Walinono selama tujuh tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

Terdakwa Andi yang tertunduk mendengarkan pembacaan putusan itu, juga dikenakan uang pengganti Rp 1 Miliar. Jika uang pengganti tersebut tidak dibayar dalam 1 bulan setelah perkara berkekuatan hukum tetap, maka harta kekayaan Andi akan disita atau diganti dengan kurungan penjara selama 1 tahun.

Usai putusan dibacakan dan palu hakim diketuk, terdakwa Andi Walinono kemudian diberi kesempatan berkonsultasi dengan penasehat hukumnya.

“Silakan saudara terdakwa koordinasi dengan pengacara. Apakah menerima atau menyatakan pikir-pikir,” ujar hakim kepada terdakwa.

Andi pun menjawab pelan. “Saya pikir-pikir dulu yang mulia,” tutur Andi Walinono usai koordinasi dengan pengacaranya.

Dalam perkara nomor : 8/Pid.Sus-TPK/2019/PN Smr, JPU Tejerimin dari Kejari Balikpapan, juga menyatakan pikir-pikir kepada Majelis hakim.

Diberitakan sebelumnya perkara dugaan korupsi RPU KM 13 Balikpapan yang merugikan negara senilai Rp 11,2 miliar merupakan perkara lanjutan setelah enam terdakwa dinyatakan bersalah.

Mereka adalah M.Yosmianto, Chaidar Chairulsyah, Noorlenawati, Ratna Panca Mardani, Salamat dan Ambros Keda, sudah diputus Majelis hakim. Dari 6 terdakwa tersebut, ada yang divonis 2 tahun 6 bulan hinggga 5 tahun 6 bulan.

Penulis: Robby
Editor: Abi Kurniawan

Most Popular

To Top